NASIONAL

Sebanyak 247 ASN Mutasi ke Otorita IKN

""Kebutuhan jumlah ASN yang ada di OIKN juga bisa terisi sehingga bisa melaksanakan tugas fungsinya untuk mempercepat pelaksanaan IKN ini,""

Hoirunnisa

Pembangunan di IKN
Pembangunan Istana Presiden di IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kaltim, Senin (12/02/24). (Antara/Rivan Awal)

KBR, Jakarta-  Badan Kepegawaian Negara (BKN) melaporkan terdapat total 247 Aparatur Sipil Negara (ASN) yang akan dimutasi menjadi pegawai  Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN). Plt. Kepala BKN Haryomo Dwi Putranto menyebut hal ini sebagai bentuk dukungan penyiapan sumber daya manusia (SDM) bagi OIKN. 

Kata dia, sampai dengan Maret 2024 BKN  telah memproses ASN dari berbagai instansi untuk dimutasi ke instansi prioritas tersebut.

"Jadi IKN ini karena lembaga baru maka rekrutmen pertamanya itu dilakukan mutasi dari beberapa instansi. Yang bersangkutan kemudian statusnya menjadi pegawai OIKN. Dan juga ada melalui proses pengadaan calon aparatur sipil negara dalam bentuk PPPK. Sehingga di OIKN ini harapannya nanti semua struktur organisasi sudah bisa terisi. Kebutuhan jumlah ASN yang ada di OIKN juga bisa terisi sehingga bisa melaksanakan tugas fungsinya untuk mempercepat pelaksanaan IKN ini," ujar Haryomo dalam konferensi pers daring, Selasa (19/3/2024).

Plt. Kepala BKN Haryomo Dwi Putranto menyebut BKN diberikan mandat untuk melakukan uji kompetensi pada  para ASN yang akan dipindahkan ke IKN. Dengan begitu BKN melakukan pendampingan kepada OIKN dan instansi pusat dengan menyediakan kebutuhan di IKN.

Baca juga:

Secara rinci berdasarkan dara 15 Maret 2024 ada 54 PNS yang pindah dari instansi lain, 1 PNS yang mendapatkan penugasan, 190 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), 2 orang yang diangkat setingkat eselon 1 yang bergabung dengan otorita IKN.

Berdasarkan Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB), Haryomo mengungkapkan ada 38 kementerian/lembaga yang siap dipindahkan ke IKN tahun 2024.

"Prinsipnya semua itu akan dipindah tapi ada skala prioritas. Yang kita prioritaskan pertama yang memenuhi syarat yang bisa dipindahkan berdasarkan penilaian kompetensi yang dilakukan BKN," kata Haryomo.

Sementara secara umum, Ia mengungkapkan penilaian kompetensi ASN Pusat targetnya tahun 2024 sebanyak 40 ribu PNS bisa pindah ke IKN. Dengan capaian hingga Februari 2024 ini telah terpenuhi 2.430 PNS.

Editor: Rony Sitanggang

  • Presiden Jokowi
  • IKN
  • ASN
  • Ibu Kota Nusantara
  • Otorita IKN

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!