NASIONAL

Jokowi Pastikan ASN Pindah ke IKN Mulai Juli 2024

""Pelan-pelan ini kerja masih jangka panjang, tapi harus dimulai.""

Astri Yuanasari

 Jokowi letakkan batu pertama Musantara Logistic di IKN
Presiden Jokowi (tengah) usai Topping Off Hunian ASN dan Hankam di IKN, Jumat (1/3/2024). (Setpres)

KBR, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan pemindahan aparatur sipil negara (ASN) ke Ibu Kota Nusantara (IKN) dimulai Juli tahun ini. Kepastian itu disampaikan Jokowi usai mengecek topping off Hunian ASN dan Hankam di IKN, Kalimantan Timur, Jumat (1/3/2024).

Jokowi menjamin pembangunan hunian itu bisa selesai tepat waktu.

"Sehingga pergeseran ASN ke sini, hankam ke sini itu sudah bisa dimulai bulan Juli. Pelan-pelan ini kerja masih jangka panjang, tapi harus dimulai, dimulai, dimulai," kata Jokowi dikutip dari kaal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (1/3/2024).

Kepala negara menjelaskan, akan ada 47 tower hunian yang disediakan untuk ASN dan personel pertahanan keamanan (hankam).

Kata dia, 12 tower akan rampung pada Juli 2024. Kemudian 21 tower diselesaikan pada September dan 14 tower akan rampung pada November 2024.

"Dan hari ini kita telah topping off, untuk menunjukkan bahwa gedung itu sudah hampir jadi, sudah setengah jadi," ujarnya.

Topping off adalah istilah yang mengacu pada pemasangan bagian akhir struktur atau penyelesaian atap pada sebuah bangunan. Ini menandakan struktur telah mencapai ketinggian maksimum, namun bukan berarti proyek telah benar-benar selesai.

Menurut Kamus Istilah Perumahan Kementerian PUPR, topping off adalah pemasangan atap bangunan sebagai tanda berakhirnya proses konstruksi alias tahap finishing.

Baca juga:

Editor: Wahyu S.

  • Ibu Kota Nusantara
  • Presiden Jokowi
  • IKN
  • ASN

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!