RAGAMADV

NgabubuRun 5K, Ajang Pemanasan Menjelang Mangkunegaran Run in Solo

"Ngabuburun 5k di Taman Balekembang, Solo, memanaskan Mangkunegaran Run. Kolaborasi antara Pura Mangkunegaran, Katadata, Yayasan DNC, dan PermataBank."

NgabubuRun 5K, Ajang Pemanasan Menjelang Mangkunegaran Run in Solo

KBR, Jakarta - Sejumlah komunitas lari mengikuti NgabubuRun 5K di Taman Balekembang, Solo, Sabtu (23/3/2024). Ajang ini merupakan pemanasan menjelang Mangkunegaran Run in Solo yang akan diselenggarakan pada 28 April 2024.

Pemimpin Pura Mangkunegaran KGPAA Mangkoenagoro X mengatakan, Taman Balekambang dipilih karena memiliki nilai historis bagi Mangkunegaran. Taman Balekambang dimaknai sebagai simbol kohesi sosial bagi kerabat Mangkunegaran yang dibangun pada 1921 oleh KGPAA Mangkoenagoro VII.

“Kebudayaan Jawa mengajarkan kita tentang nilai keseimbangan, memahami tempo membutuhkan rasa, kita belajar kapan waktu untuk melangkah perlahan, dan kapan kita perlu berlari cepat, sama seperti kehidupan, kita perlu tau membagi waktu untuk berkarya dan istirahat.

Berlari mencerminkan sinergi keprajuritan dari legiun Mangkunegaran, yang memberikan kesempatan bagi kita semua untuk menyerap dan belajar tentang semangat, disiplin, konsistensi, serta dedikasi keprajuritan melalui NgabubuRun, Road to MN RUN.” Ungkap KGPAA Mangkoenagoro X.

Kegiatan NgabubuRun ini dilepas oleh Bapak Kol. Inf. Ali Akhwan selaku Pembina Solo Berlari yang berharap bahwa Solo ke depan bisa menjadi tempat yang ramah dan aman untuk para pelari.

Acara ini juga diselenggarakan guna menjalin silaturahmi dengan para pelari yang tergabung dalam naungan Solo Berlari, yakni Solo Runners, Riot Solo, Amateurun, dan lainnya.

Mangkunegaran Run in Solo 2024 merupakan kolaborasi antara Pura Mangkunegaran, Katadata, Yayasan DNC dan dipersembahkan oleh PermataBank. Antusiasme masyarakat untuk berpartisipasi sangat tinggi.

Division Head Corporate Communication PermataBank Glenn Ranti menjelaskan, PermataBank memutuskan untuk menambah kuota pendaftaran MN Run 2024 yang semula 2.500 peserta menjadi 3.000 peserta yang terbagi dalam tiga kategori yakni: 5K, 10K, dan Half Marathon.

Glenn Ranti - Division Head, Corporate Communication PermataBank mengatakan, PermataBank antusias untuk ikut menjadi bagian dalam acara ini untuk melestarikan kebudayaan dan merangkul beragam komunitas serta masyarakat melalui berbagai kegiatan, termasuk seni, olahraga, dan pengembangan UMKM yang terintegrasi dalam perayaan potensi pariwisata yang unggul. Hal ini sejalan dengan komitmen PermataBank untuk selalu memberikan nilai bermakna bagi nasabah dan Masyarakat.

CEO & Co-founder Katadata Indonesia Metta Dharmasaputra menambahkan, Mangkunegaran Run in Solo 2024 merupakan komitmen Katadata untuk membuat aktivitas yang memberikan dampak besar terhadap masyarakat luas.

“Sebagai perusahaan media dan riset, Katadata juga punya unit bisnis event management. Apabila selama ini publik mungkin hanya mengenal event yang digelar Katadata dalam bentuk diskusi, kali ini kami berusaha untuk memulai yang baru antara lain olahraga. Tahun lalu terbukti Mangkunegaran Run in Solo disambut dengan antusian oleh pecinta olahraga lari,” ungkap Metta.

Metta berharap, kolaborasi antara Pura Mangkunegaran, Katadata, Yayasan DNC dan juga PermataBank diharapkan bisa terus berlangsung di ajang Mangkunegaran Run in Solo.

Baca juga: Hadapi Perubahan Iklim, Menkeu: Nggak Mungkin Kurangi Emisi kalau Pembangkit Masih Batu Bara

  • Katadata
  • advertorial
  • Ngabuburan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!