RAGAM

7 Strategi untuk Meningkatkan Bisnis Kamu melalui Tiktok!

TikTok tidak hanya sebagai sosial media namun dapat dimanfaatkan untuk berbisnis. Ini 7 strategi marketing yang dapat meningkatkan bisnis kamu melalui TikTok!

DIPERSEMBAHKAN OLEH Marketing Communication / Iqbal Rizqy Ramadhan

Beberapa strategi dalam memanfaatkan trend TikTok Shop untuk meningkatkan bisnis kalian

KBR, Jakarta – TikTok salah satu media sosial yang saat ini yang tentunya sudah banyak diketahui oleh kita. Dalam dunia digital seperti saat ini, tentu sudah banyak media sosial yang dapat digunakan seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan lain-lain.

Namun, TikTok memiliki salah satu ciri khas sendiri yaitu terdapat fitur TikTok Shop atau biasa dikenal dengan keranjang kuning.

Fitur TikTok Shop secara resmi pertama kali diluncurkan di Indonesia pada April 2021. Fitur ini disambut baik oleh masyarakat Indonesia baik itu dari UMKM hingga para merek besar lainnya.

Dengan menggunakan fitur ini, penjual dapat menyematkan produk yang mereka tawarkan dalam keranjang tersebut pada setiap konten yang mereka buat ataupun ketika sedang melakukan live streaming.

Jika penonton tertarik dengan produk yang ditawarkan, mereka dapat klik keranjang kuning tersebut untuk melihat, membeli, ataupun melakukan pembayaran.

Namun, bagaimana cara yang paling efektif agar dapat meningkatkan minat ataupun penjualan produk yang ingin kita tawarkanl?

7 Strategi Marketing untuk Meningkatkan Bisnis Kamu di TikTok!

Berikut beberapa cara yang perlu kamu ketahui dan dapat diterapkan untuk meningkatkan minat ataupun penjualan bisnis kamu.

1. Kenali Cara Kerja TikTok

    red


    TikTok merupakan salah satu platform media sosial yang berfokus pada sharing konten video dengan durasi 15 detik hingga 3 menit. Selain itu, para penjual dapat membuat video tentang produk dengan menggunakan fitur yang tersedia seperti musik, hashtag, ataupun filter yang sedang naik daun atau viral.

    Hal tersebut dapat menarik perhatian para pengguna sehingga mereka dapat memberikan komentar, like, menyimpan/save video kamu, ataupun membagikan video kamu ke platform sosial media lainnya.

    2. Menggunakan TikTok Shop

      red


      Untuk kamu yang ingin berjualan melalui TikTok, kamu dapat melakukan pendaftaran melalui TikTok for Business yang tersedia pada situs web TikTok. Setelah melakukan pendaftaran dengan memenuhi persyaratan yang dibutuhkan, kamu dapat menambahkan produk yang ingin kamu tawarkan ke TikTok Shop.

      Dengan hal tersebut, akan membantu kamu untuk memasarkan atau menjual produk yang ingin kamu tawarkan kepada pengguna TikTok lainnya.

      3. Konten dan Deskripsi yang Menarik

        red


        Dalam hal ini, kamu dapat membuat konten yang berisi cara menggunakan, manfaat, atau rekomendasi yang cocok dari produk yang kamu tawarkan kepada pengguna TikTok. Tidak lupa untuk menjelaskan pada kolom deskripsi dengan singkat dan jelas tentang produk kamu ya!

        4. Kerjasama dengan Influencer/Content Creator

          red


          Agar dapat meningkatkan awareness ataupun minat konsumen terhadap produk kamu, melakukan kerjasama dengan influencer atau content creator sangat memiliki pengaruh besar.

          Tentunya hal ini perlu dilakukan dengan menyesuaikan kebutuhan produk dan tujuan promosi kalian seperti target pasar yang dituju, gaya hidup yang sesuai dengan kebutuhan target pasarnya, dan lain-lain.

          5. Konsisten dalam Membuat Konten

            red


            Agar meningkatkan awareness dari produk yang kamu tawarkan, kamu juga harus konsisten dalam melakukan promosi produk kamu. Salah satunya dengan konsisten membuat konten yang berkualitas, menarik, dan kreatif.

            Dengan hal tersebut, akan timbul kemungkinan kepada pengikut kamu untuk menyukai atau komentar terhadap konten yang dibuat. Sehingga akan semakin banyak orang yang menyukainya dan video kamu dapat muncul di halaman For Your Page (FYP).

            6. Membangun Relasi dengan Pengguna/Followers

              red


              Kamu dapat menanggapi komentar yang diberikan oleh para pengguna TikTok baik itu followers kamu ataupun bukan untuk membangun hubungan atau engagement dengan mereka.

              Tentunya tidak semua komentar perlu kamu balas, kamu dapat memilih komentar yang paling memberikan informasi positif terkait produk kamu saja.

              Selain itu, kamu juga dapat menulis komentar yang menarik dan bermakna di postingan pengguna lain agar dapat meningkatkan brand awareness dan penjualan produk kamu.

              7. Manfaatkan TikTok Ads

                red


                Tentunya kita sudah tidak asing dengan ads yang ada di media sosial seperti Instagram Ads, Facebook Ads, dan lain-lain. Salah satunya termasuk TikTok yaitu TikTok Ads yang memungkinan kamu untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

                Adapun empat jenis TikTok Ads yang dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhan, sebagai berikut:

                • InFeed Ads: iklan yang akan muncul pada saat pengguna scroll feed
                • Branded Filter: iklan yang berupa efek atau filter khusus mengenai informasi produk
                • Promotes Hashtag Challenge: iklan dengan mengajak para pengguna untuk menggunakan tantangan tagar atau hashtag challenge
                • Brand Takeover: iklan yang eksklusif dalam bentuk gambar, gif, atau video yang akan muncul sehari sekali ketika pengguna membuka aplikasi TikTok

                Dari empat jenis TikTok Ads tersebut, InFeed Ads merupakan ads yang paling banyak digunakan. Hal ini dikarenakan budget untuk memasang iklan relatif kecil dan iklan muncul di feed pengguna TikTok. Selain itu, terdapat pilihan penargetan minat dan perilaku audiens berdasarkan perilaku mereka selama 7-15 hari terakhir.

                Nah, hal di atas merupakan beberapa strategi yang dapat meningkatkan bisnis kamu melalui TikTok. Gunakanlah strategi pemasaran yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan dari produk ataupun merek kalian masing-masing ya!

                Untuk mendapatkan informasi lainnya kamu dapat mengunjungi kbr.id!

                    Komentar

                    KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!