
Pelayanan kesehatan yang memadai merupakan fasilitas yang sangat dibutuhkan masyarakat, terlebih lagi di masa pandemi ini. Namun sayangnya, akibat penambahan jumlah pasien corona setiap harinya menyebabkan pelayanan kesehatan di rumah sakit makin kewalahan menangani pasien positif Covid-19. Padahal, di sisi lain, banyak pasien di luar Covid-19 yang butuh dilayani. Menjawab permasalahan ini, sejumlah rumah sakit ataupun puskesmas telah menerapkan strategi agar akses masyarakat yang memerlukan layanan kesehatan tidak terhambat akibat pandemi. Contohnya adalah RSUD Tobelo, di Kabupaten Halmahera Utara, Maluku yang membuat inovasi bernama SALAWAKU. Serta Puskesmas Kebon Jeruk, Jakarta yang menciptakan Curkelin (Curhat Konsultasi dengan Dokter via Telemedicine). Seperti apa terobosan ini? Dan apa saja yang sudah dilakukan pelayanan kesehatan agar tetap memberikan yang terbaik di saat pandemi covid-19? Dengarkan penjelasannya bersama Martinus Paulus, S.Kep, MARS, Kepala Bidang Keperawatan, RSDU Tobelo, Halmahera Utara, Maluku Utara dan dr. Elvira Kamarrow Putri, Dokter di Puskesmas Kec. Kebon Jeruk, DKI Jakarta.
Komentar
Loading...

