Bagikan:

Ini 40 Parpol Pendaftar Pemilu 2024

"Dari 40 partai politik yang mendaftar, pada kesempatan ini saya sampaikan ada 24 partai politik yang dokumennya dinyatakan lengkap."

NASIONAL

Senin, 15 Agus 2022 08:17 WIB

Pemilu 2024

Pemilu 2024, kader Partai Pergerakan Kebangkitan Desa (Perkasa) daftar di Kantor KPU, Jakarta, Minggu (14/8/22). (Antara/Aditya Pradana)

KBR, Jakarta- Hari terakhir pendaftaran partai politik bakal calon peserta Pemilu 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menerima sembilan Parpol yang mendaftar. Anggota KPU sekaligus Koordinator Divisi Teknis KPU, Idham Kholik mengatakan, hingga penutupan pendaftaran pada Minggu (14/8) pukul 23.59 WIB, total 40 partai politik telah mendaftar, dan 24 parpol dinyatakan lengkap dokumennya.

"Dari 40 partai politik yang mendaftar, pada kesempatan ini saya sampaikan ada 24 partai politik yang dokumennya dinyatakan lengkap. Selanjutnya 16 parpol yang telah mendaftar, saat ini dokumennya sedang diperiksa, yang kemungkinan besar besok kami akan lanjutkan konferensi persnya," kata Idham dalam konferensi pers, Senin dini hari (15/8/2022).

Anggota KPU August Mellaz menambahkan, hingga batas akhir pendaftaran, ada 3 Parpol pemegang akun Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) yang tidak melakukan pendaftaran. Ketiga Parpol tersebut adalah Partai Damai Sejahtera Pembaharuan, Partai Mahasiswa Indonesia, dan Partai Rakyat.

Selanjutnya, Parpol yang dinyatakan lengkap dokumennya akan masuk ke tahap verifikasi administrasi. Dalam tahap ini, KPU akan meneliti kelengkapan dan keabsahan dokumen sebagai pemenuhan persyaratan partai politik menjadi peserta Pemilu. Antara lain terkait dugaan rangkap jabatan pengurus Parpol, dugaan keanggotaan ganda Parpol, dan keanggotaan Parpol yang berpotensi tidak memenuhi syarat.

Proses verifikasi administrasi ini akan berlangsung hingga 11 September 2022, dan hasil verifikasi administrasi akan diumumkan pada 14 September 2022.

Baca juga:


Berikut 24 Parpol yang dinyatakan lengkap dokumennya:


1. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)
2. Partai Keadilan Sejahtera (PKS)
3. Partai Persatuan Indonesia (Perindo)
4. Partai Nasional Demokrat (Nasdem)
5. Partai Bulan Bintang (PBB)
6. Partai Keadilan dan Persatuan (PKP)
7. Partai Demokrat
8. Partai Kebangkitan Nusantara (PKN)
9. Partai Garda Perubahan Indonesia (Garuda)
10. Partai Gelora Indonesia
11. Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura)
12. Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra)
13. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)
14. Partai Solidaritas Indonesia (PSI)
15. Partai Amanat Nasional (PAN)
16. Partai Golongan Karya (Golkar)
17. Partai Persatuan Pembangunan (PPP)
18. Partai Rakyat Adil Makmur
19. Partai Buruh
20. Partai Republik
21. Partai Ummat
22. Partai Republiku Indonesia
23. Partai Swara Rakyat Indonesia
24. Partai Republik Satu

Editor: Rony Sitanggang

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Laporan Temuan Ombudsman soal Penanganan Bencana

Most Popular / Trending