Bagikan:

Wabah PMK, Satgas: Berdampak Pada Ekonomi

"Kita harus bahu membahu dalam penanganan (wabah) PMK ini karena penyakit ini berdampak signifikan pada perkembangan ekonomi."

NASIONAL

Jumat, 08 Jul 2022 06:14 WIB

Wabah PMK, vaksinasi ternak sapi di Gresik, Jatim, Selasa (28/6/22). (Antara/Rizal Hanafi)

Wabah PMK, vaksinasi ternak sapi di Gresik, Jatim, Selasa (28/6/22). (Antara/Rizal Hanafi)

KBR, Jakarta– Koordinator Tim Pakar Satgas Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Wiku Adisasmito  mengingatkan  penanganan PMK merupakan tugas bersama. Kata dia, meskipun virus PMK pada hewan ternak tidak menular ke manusia, namun manusia dapat membawa virusnya dan menulari kepada hewan yang sehat. 

Wiku mengatakan, wabah ini juga akan berdampak pada ekonomi Indonesia jika tidak ditangani dengan baik.

"Kita harus bahu membahu dalam penanganan PMK ini karena penyakit ini berdampak signifikan pada perkembangan ekonomi. Dengan banyaknya sapi yang harus dilakukan pemotongan bersyarat, serta juga terdapat sapi yang mati, tentunya akan sangat berdampak pada hasil penjualan hewan ternak maupun produk pangan hewani yang dikonsumsi oleh masyarakat," kata Wiku dalam keterangan pers, Kamis (7/7/2022).

Wiku mengatakan, saat ini sudah ada 317.889  kasus PMK yang tersebar di 21 provinsi dan 231 kabupaten/kota. Wiku menyebut, dari angka tersebut,  106.925  di antaranya sembuh, 2.016 mati, dan 3.489 ekor dari total kasus dilakukan potong bersyarat.

Wiku memaparkan, berdasarkan jenis hewan ternak, saat ini PMK telah menyerang paling banyak pada sapi yakni 309 ribu ekor, kerbau 5.600 ekor, kambing 1.300 ekor, domba 1000 ekor dan babi 16 ekor.

Baca juga:


Data terakhir menunjukkan bahwa provinsi dengan seluruh kabupaten/kotanya telah terinfeksi virus PMK adalah Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Bangka Belitung. 

Selain itu, provinsi dengan lebih dari 80 persen kabupaten/kotanya telah terinfeksi PMK yakni Jawa Barat (96%), Sumatera Barat (84%), Jambi (81%), dan DIY (80%).

"Hal yang saat ini penting untuk diupayakan adalah untuk mempertahankan wilayah yang belum terdampak oleh PMK, agar semaksimal mungkin dicegah masuknya virus ini ke wilayah tersebut. Maluku, Maluku Utara, NTB, Sulawesi dan Papua adalah pulau-pulau di Indonesia yang belum terdampak oleh PMK," imbuhnya.


Editor: Rony Sitanggang

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Menyongsong Terbitnya Rupiah Digital

Episode 4: Relasi Kuasa: Akar Kekerasan & Pengaturannya Dalam UU TPKS

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Mendorong Vaksinasi Booster untuk Antisipasi Kenaikan Kasus Covid-19 di Akhir Tahun

Most Popular / Trending