Bagikan:

KPAI Catat Kasus Kekerasan Anak pada 2021 Menurun Dibanding 2020

Ketua KPAI, Susanto mencatat, ada 5.953 kasus pelanggaran hak anak pada tahun lalu

NASIONAL

Senin, 24 Jan 2022 19:01 WIB

Kasus kekerasan anak menurun

Ilustrasi unjuk rasa menuntut pemenuhan hak perlindungan perempuan dan anak di Papua Barat (Foto: Antara/Olha Mulalinda)

KBR, Jakarta - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mencatat ada sejumlah pelanggaran hak anak yang terjadi pada 2021, meliputi pelanggaran terkait pemenuhan hak maupun terkait perlindungan khusus anak. Ketua KPAI, Susanto mencatat, ada 5.953 kasus pelanggaran hak anak pada tahun lalu.

Sebanyak 50 persen atau 2.971 pelanggaran termasuk kasus Pemenuhan Hak Anak. Sedangkan 50 persen lainnya, sebanyak 2.982 terkait Perlindungan Khusus Anak.

Baca juga:

"Kalau kita bandingkan dua tahun sebelumnya, tampaknya memang cukup fluktuatif. Contohnya di tahun 2019 kasus pelanggaran anak mencapai 4.369 kasus, kemudian tahun tahun 2020 cukup tinggi ada 6.519 kasus," kata Susanto saat konferensi pers daring (24/01/21).

"Dengan turunnya kasus yang ada di tahun 2021 ini tentu kita harapkan mudah-mudahan ini sebagai indikator baiknya upaya pemajuan perlindungan anak di Indonesia," sambungnya.

Baca juga:

Ketua KPAI Susanto menambahkan, penyebab turunnya kasus kekerasan terhadap anak di tahun 2021 merupakan akumulasi sejumlah faktor. Diantaranya meningkatnya partisipasi publik dan  pihak terkait lainnya mengenai isu perlindungan anak.

Selain itu, saat ini kesadaran publik untuk melaporkan kasus pelanggaran hak anak juga dinilai lebih tinggi dibandingkan sepuluh tahun lalu.

Editor: Muthia Kusuma

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Kabar Baru Jam 7

Bagaimana Stok dan Stabilitas Harga Pangan Jelang Nataru?

Kabar Baru Jam 8

Kick Off Seminar: Jurnalisme di bawah Kepungan/Tekanan Digital

Kabar Baru Jam 7

Most Popular / Trending