hoaks

ARTIKEL PODCAST

Cek Fakta: Rokok Herbal Dapat Menjaga Kesehatan Hingga Menyembuhkan Penyakit?

"Top 3 Hoax of the Week"

Ilustrasi Top 3 Hoax of the Week. (FOTO: KBR X Mafindo)

KBR, Jakarta- Inilah top three hoax of the week pilihan yang beredar mulai dari 19 hingga 25 Juli 2024. Berikut hasil periksa fakta pada akun Twitter/X @TurnBackHoax bareng Masyarakat Antifitnah Indonesia (Mafindo). Ada Aribowo Sasmito, Co-Founder dan Fact-Check Specialist Mafindo dan Syifaul Arifin, Anggota Presidium Mafindo.

hoaks

Beredar sebuah unggahan di medsos yang memperlihatkan Stasiun Bandung, Jawa Barat diselimuti salju. Suasana stasiun pun terlihat seperti sebagaimana terjadi di Eropa saat musim dingin. Dalam foto itu, terlihat pintu masuk menuju Stasiun Bandung dihiasi salju. Jalanan pun berwarna putih setelah salju turun. Apa iya bisa turun salju di Bandung?

Bagaimana hasil periksa faktanya?

hoaks

Beredar kabar di sosmed soal sebuah merk rokok herbal produksi lokal yang mengeklaim punya manfaat menjaga kesehatan, melegakan pernafasan, jaga stabilitas organ tubuh, sampai menyembuhkan penyakit segala. Tentu sejumlah klaim tersebut sangat berbanding terbalik dengan fakta-fakta seputar rokok selama ini.

Mafindo baru-baru ini mengungkap temuan soal disinformasi di industri tembakau yang masih banyak beredar di masyarakat. Bagaimana hasil periksa faktanya?

Baca juga:

hoaks

Beredar sebuah video yang menunjukkan Presiden Israel, Isaac Herzog yang diklaim mengucapkan terima kasih kepada lima tamu dari Indonesia atas kedatangannya ke Israel. Isaac Herzog juga menyampaikan bahwa mereka telah konsisten dengan tugas yang diberikan untuk menjadi buzzer atau agen di Indonesia.

Cek konten-nya di turnbackhoax.id ya!

Bagaimana pembahasan Top Three Hoax of The Week? Yuk simak podcast Cek Fakta selengkapnya di link berikut ini: