NASIONAL

Resmikan Whoosh, Jokowi: Jangan Takut Dikritik dan Mencoba Hal Baru

Nama Whoosh adalah singkatan dari Waktu Hemat Operasi Optimal Sistem Hebat.

AUTHOR / Astri Yuana Sari, Arie Nugraha

Resmikan Whoosh, Jokowi: Jangan Takut Dikritik dan Mencoba Hal Baru
Presiden Jokowi usai meresmikan kereta cepat Jakarta-Bandung Whoosh di Stasiun Halim, Jakarta, Senin (02/10/23). (Antara/Akbar Nugroho)

KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta seluruh pihak tidak alergi kritik dan terus semangat belajar untuk mewujudkan pembangunan infrastruktur demi kemajuan bangsa. Hal ini disampaikan Jokowi saat meresmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB), yang diberi nama Whoosh.

"Karena pengalaman kita membangun infrastruktur baik jalan tol, pelabuhan, bandara, bendungan, transportasi, telah memberikan pengalaman dan bekal kita untuk menghasilkan hasil-hasil yang lebih baik di masa depan. Keberanian kita mencoba hal-hal baru, memberikan kepercayaan, memberikan kita kesempatan untuk belajar kepada anak-anak bangsa dan akan sangat berguna bagi masa depan, membuat SDM-SDM kita semakin maju dan bangsa kita semakin mandiri," kata Jokowi saat meresmikan KCJB di Stasiun Kereta Cepat Halim, Jakarta Timur, Senin, (2/10/2023).

Jokowi menjelaskan, proyek kereta cepat adalah hal baru bagi Indonesia, baik teknologinya, konstruksi, kecepatan dan model pembiayaannya. Jokowi meminta seluruh pihak tidak takut untuk belajar dan mencoba hal-hal baru.

"Dan dalam proses itu bisa muncul hal-hal yang tidak terduga. Kesulitan-kesulitan di lapangan, masalah-masalah, dan ketidaksempurnaan. Pengalaman itu mahal, namun sangat berharga, dan kita tidak perlu takut, karena jika kita konsisten, kesalahan itu akan semakin sedikit, biaya kesalahan juga akan semakin menurun, dan pada akhirnya biaya produksi, biaya proyek, lama-kelamaan juga akan semakin rendah," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, Whoosh adalah kereta cepat pertama di Indonesia dan juga pertama di Asia Tenggara. Nama Whoosh adalah singkatan dari Waktu Hemat Operasi Optimal Sistem Hebat, dan nama ini dipilih karena inspirasi dari suara yang melesat dari kereta berkecepatan tinggi. Jokowi menyebut, Whoosh bisa melesat hingga kecepatan 350 km/ jam.

Infrastruktur Penunjang

Sementara itu, Pemerintah Provinsi Jawa Barat siap mengembangkan infrastruktur penunjang Kereta Cepat Jakarta-Bandung Whoosh yang telah resmi beroperasi. Menurut Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, infrastruktur yang hendak dikembangkan yakni feeder di dua stasiun dan paket wisata di Kawasan Bandung Raya.

"Saya sudah minta kepada jajaran pemprov untuk menyambut dengan pertama adalah membuat feeder. Jadi untuk transportasi publik di Padalarang maupun Tegalluar dan juga paket-paket semacam city tour di Bandung ini. Jadi masyarakat dalam satu hari dapat melakukan keliling di Kota Bandung untuk membeli kuliner atau juga menikmati suasana Kota Bandung," ujar Bey dalam keterangannya, Bandung, Senin, 2 Oktober 2023.

Bey mengatakan, pemprov juga butuh sokongan bantuan dari pelaku pariwisata untuk mewujudkan rencana ini, termasuk dari kalangan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"Tentunya kami sangat mengharapkan partisipasi dari UMKM dan juga asosiasi-asosiasi pariwisata," kata Bey.

Baca juga:

Editor: Sindu

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!