NUSANTARA

Piala Dunia U17, Polisi Siapkan Kamera Pendeteksi Wajah

"Kamera di tubuh personil dilengkapi dengan pendeteksi wajah,"

AUTHOR / Yudha Satriawan

Piala Dunia U17
Kirab Trophy Experience FIFA U-17 World Cup di Solo, Jawa Tengah, Minggu (05/11/23). (Antara/Maulana Surya)

KBR, Surakarta- Kepolisian yang bertugas di Piala Dunia U17 Solo akan dipasangi teknologi pengawasan terbaru. Kapolresta Solo Iwan Saktiadi mengatakan personil yang bertugas di lapangan akan dipasang teknologi kamera terhubung data kriminalitas. 

Menurut Iwan, adanya teknologi ini mengantisipasi gangguan keamanan selama Piala Dunia U17.

"Kamera di tubuh personil dilengkapi dengan pendeteksi wajah, ketika ada orang yang masuk DPO (daftar pencarian orang) Polri atau Densus 88 masuk ke Manahan, signal di TMC akan memberi kode atau alarm. Ada sekitar 12 body camera yang terpasang di tubuh anggota Polri.Kalau aksi kejahatan tidak terpantau kamera statis, bisa terpantau kamera yang terpasang di badan anggota itu. Kamera itu juga memakai pemindai retina mata kalau ada pemakai narkoba atau miras akan ketahuan", ungkap Iwan, Rabu (8/11/2023).

Lebih lanjut Iwan menjelaskan gelaran Piala Dunia U17 menjadi pertaruhan reputasi tuan rumah, termasuk aparat keamanan. Tim peserta Piala Dunia u17, imbuh Iwan, adalah tamu negara.


Baca juga:


Polisi menyiapkan ratusan personil menjaga pengamanan dari kedatangan tim di bandara, hotel, lapangan latihan, jalur lalu lintas hingga venue utama pertandingan di Stadion Manahan. 

Kapolresta Solo Iwan Saktiadi mengatakan pengamanan di ring dua atau di luar stadion disesuaikan dengan ketentuan dari FIFA.

"Kurang lebih 258 personel Polresta Solo berada di ring dua, sistem pengamanan kami berada di luar stadion. Sementara yang di dalam stadion hanya ada steward dan perangkat pertandingan. Pengamanan akan difokuskan di venue pertandingan Stadion Manahan Solo, mulai dari tempat latihan tim, hotel tampat tim dan panitia menginap. Selain itu rute dari dan menuju lokasi latihan maupun venue tanding di Stadion Manahan hingga kawasan Solo," kata Iwan dalam rilis yang dikirim Polresra Surakarta, Selasa (7/11/2023).

Empat timnas di Grup B Piala Dunia U17 yang berlaga di Stadion Manahan sudah tiba di Solo dan menjalani latihan. Empat tim itu terdiri timnas Mali, Uzbekistan, Kanada, dan Spanyol.

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!