NASIONAL

Wapres: Sertifikasi Halal Bukan Sekadar Label

"Sertifikasi halal itu saya menyebutnya sebagai garansi dari pemegang otoritas untuk memberi garansi bahwa ini makanan halal,"

AUTHOR / Astri Yuanasari

Sertifikasi halal
Wapres Maruf Amin saat Sarasehan Ekonomi & Keuangan Syariah Serta Peresmian Zona Kuliner Halal ITS Surabaya, Rabu (30/08/23). (Setwapres)

KBR, Jakarta- WWakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin ingin sertifikasi halal tidak sekedar label. Hal ini ia sampaikan dalam acara  Sarasehan Ekonomi & Keuangan Syariah Serta Peresmian Zona Kuliner Halal ITS Surabaya, Rabu (30/08/23). 

Wapres Ma'ruf Amin ingin askes mendapatkan sertifikasi halal dipermudah, sehingga masyarakat mendapatkan kenyamanan setiap mengkonsumsi produk dengan logo halal.

"Saya kira tujuannya bukan semata-mata memberi label halal seperti yang dahulu, melainkan memberi jaminan produk yang halal dan tayib dikonsumsi bagi masyarakat. Jadi sebenarnya sertifikasi halal itu saya menyebutnya sebagai garansi dari pemegang otoritas untuk memberi garansi bahwa ini makanan halal," kata Ma'ruf, Rabu (30/8/2023).

Baca juga: 

KPU Janji Laksanakan Putusan MA Keterwakilan Perempuan

Subsidi Motor Listrik Diperluas Tak Hanya untuk Usaha Mikro

Ma'ruf menambahkan, sertifikasi halal juga penting dalam mendukung program wisata halal. 

Kata dia, program tersebut menjamin restoran dan fasilitas pendukung di kawasan wisata telah memiliki sertifikasi halal. Ia menekankan, konsep wisata halal perlu diterapkan, sebab banyak turis muslim dari berbagai dunia yang ingin berkunjung ke Indonesia.


Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!