NASIONAL

Wahyu Dhyatmika Tempo dan Maryadi Katadata Pimpin AMSI 2023-2027

Dalam Kongres ke-3 AMSI, ada perubahan di anggaran dasar terkait masa kepemimpinan.

AUTHOR / Sindu

Wahyu Dhyatmika Tempo dan Maryadi Katadata Pimpin AMSI 2023-2027
CEO Tempo Digital, Wahyu Dhyatmika dan Direktur Bisnis dan Digital Katadata, Maryadi, terpilih menjadi ketum dan sekjen AMSI 2023-2027 di Bandung. Foto: KBR

KBR, Jakarta- CEO Tempo Digital, Wahyu Dhyatmika dan Direktur Bisnis dan Digital Katadata, Maryadi, terpilih menjadi ketua umum dan sekretaris jenderal Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) periode 2023-2027 dalam kongres III di Bandung, Jawa Barat, Kamis, 24 Agustus 2023.

"Mewakili suara anggota wilayah DKI Jakarta, kami mengajukan Bli Komang dan Maryadi untuk ditetapkan secara aklamasi menjadi ketua umum dan sekjen AMSI," kata Ketua AMSI Wilayah DKI Jakarta, Eric Somba mengusulkan saat kongres.

Oleh Ketua Sidang Pleno Pemilihan Pengurus AMSI, Upi Asmaradhana, usulan itu ditanyakan ke peserta kongres. Para peserta kongres langsung menyambutnya dengan teriakan kata setuju.

“Kongres AMSI ketiga pada 24 Agustus 2023 pukul 21.46 WIB memutuskan dan menetapkan secara mufakat dan aklamasi, Saudara Wahyu Dhyatmika dan Maryadi sebagai Ketua Umum AMSI dan Sekretaris Jenderal AMSI periode 2023-2027,” ujar Upi Asmaradhana.

Melanjutkan Visi Misi AMSI

Dalam pidatonya, Ketua UMUM AMSI terpilih, Wahyu Dhyatmika mengatakan, tugas pengurus berikutnya adalah melanjutkan visi dan misi AMSI mewujudkan ekosistem yang sehat, dan jurnalisme media siber berkualitas.

Menurutnya, kepemimpinan AMSI era Wens Manggut berhasil meletakkan dasar organisasi dengan kuat hingga kini.

“Visi yang kita bayangkan ketika AMSI berdiri sudah kelihatan bentuknya, tapi kita belum sampai ke sana. Ada begitu banyak pekerjaan yang belum selesai. Lewat kongres ini, kita sudah samakan frekuensi dan identifikasi persoalannya. Kita punya pandangan yang sama soal apa yang perlu kita perbaiki dan ini hanya akan bisa berhasil kalau kita bekerja bersama-sama,” kata Wahyu, karib disapa Bli Komang.

Sementara Sekjen AMSI terpilih, Maryadi menyampaikan rasa terima kasih atas kepercayaan yang diberikan para peserta kongres. Menurutnya, soliditas antara anggota AMSI menjadi hal penting sejak organisasi tersebut dibangun.

“Perbedaan pendapat pasti ada, tapi selalu selesai. Beberapa perbedaan itu sebagian besar sudah diselesaikan dalam AD/ART yang direvisi pada kongres ini.”

Dalam kongres, Anggota Dewan Pers, Sapto Anggoro turut diundang sebagai peninjau. Sapto menyambut positif terpilihnya atas terpilihnya Bli Komang dan Maryadi.

"Komang dengan jaringan internasional dan Maryadi dengan jaringan lokal dan bisnis akan membawa AMSI semakin berjaya, beyond Indonesia. Selamat karena sudah memilih orang-orang yang berkualitas untuk kemajuan media siber Indonesia," katanya, seperti dalam rilis pers yang diterima KBR, Kamis, 24 Agustus 2023.

Sejumlah Rekomendasi Kongres

Dalam Kongres ke-3 AMSI, ada perubahan di anggaran dasar terkait masa kepemimpinan, dari sebelumnya tiga tahun menjadi empat tahun.

Selain itu, ada sejumlah rekomendasi yang dikeluarkan dalam pada kongres kali ini. Antara lain, memilih ketua umum dan sekjen baru, sesuai amanat anggaran dasar organisasi.

AD/ART baru juga memberi kewenangan AMSI bernegosiasi atas nama anggota baru dalam perjanjian bisnis dengan perusahaan platform dalam bentuk collective bargaining.

Menyepakati Panduan Bisnis dan Etika Bisnis (PBEB) untuk menjaga integritas bisnis anggota AMSI. Hal ini juga diatur dalam UU No. 40 Tahun 1999 tentang Pers.

Kemudian, AMSI menyepakati prinsip dasar kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) untuk proses produksi karya jurnalistik dan pengelolaan media siber di Indonesia. Prinsip dasar dibuat guna memastikan pemakaian AI dalam praktik jurnalisme dilakukan dengan penuh tanggung jawab untuk menjaga kepercayaan publik dan kredibilitas.

AMSI kini memiliki 456 anggota di 27 wilayah di Indonesia. Salah satu tujuan didirikannya organisasi ini adalah untuk mewujudkan media siber bertanggung jawab, mencerdaskan, mencerahkan, profesional, dan mampu menjaga keberlanjutan industri media.

Baca juga:

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!