NUSANTARA

Virus COVID-19 Subvarian Omicron XBB Sudah Masuk Jawa Timur

"Pasien yang positif Covid 19 varian Omicron XXB saat ini dirawat di rumah sakit Surabaya, Jawa Timur. Pasien itu merupakan salah satu pelaku perjalanan dari luar provinsi."

Budi Prasetiyo

COVID-19
Ilustrasi. (Foto: Designed by starline/Freepik)

KBR, Surabaya - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Jawa Timur menyebut kasus Covid 19 varian baru yakni Omicron XBB telah masuk di wilayah Jawa Timur.

Juru bicara Satgas COVID-19 Jawa Timur, dr Makyan Jibril mengatakan pasien yang positif Covid 19 varian Omicron XXB saat ini dirawat di rumah sakit Surabaya.

"Terkait varian baru Omicron telah ditemukan di kota Surabaya. Salah satu pelaku perjalanan dari luar provinsi," kata Makyan, Kamis (27/10/2022).

Dia mengatakan, penderita kasus omicron itu hanya menderita gejala ringan, seperti batuk-batuk dan pilek.

Pasien yang dirawat di salah satu RS di Surabaya itu tidak dalam kondisi mengkhawatirkan, dan hanya membutuhkan isolasi.

Baca juga:


Makyan Jibril mengatakan dari data Kementerian Kesehatan saat ini ada 4 varian omicron yang terdeteksi di Indonesia. Meski demikian, Pemprov Jatim tetap waspada dan mengimbau agar warga melaksanakan protokol kesehatan ketat.

"Karena di Singapura varian Omicron baru XXB itu menjadi penularan terbesar karena itu harus waspada," tambahnya.

Dia juga mengimbau agar masyarakat yang belum mendapatkan vaksin booster segera mendaftar.

Menurut Makyan Jibril, dari beberapa kasus, penderita varian omicron XXB yang sudah mendapatkan booster tidak mengalami gejala yang serius.

Editor: Agus Luqman

  • Omicron XBB
  • COVID-19
  • pandemi covid-19

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!