NASIONAL

Target Kunjungan Wisman 2024 Naik Jadi 17 Juta

Sandiaga memperkirakan pariwisata global kembali normal seperti sebelum pandemi COVID-19.

AUTHOR / Astri Yuanasari

Target Kunjungan Wisman 2024 Naik Jadi 17 Juta
Wisatawan mancanegara berwisata mengunjungi kawasan Pantai Batu Bolong di Badung, Bali, Senin (8/1/2024). ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

KBR, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menaikkan target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia pada 2024. Dia menargetkan kunjungan wisman tahun ini menjadi 17 juta kunjungan, naik dari sebelumnya 14,3 juta.

Sandiaga memperkirakan pariwisata global kembali normal seperti sebelum pandemi COVID-19.

Kata dia, peningkatan target ini juga melihat dari capaian kunjungan wisman pada 2023 yang naik signifikan melebihi target yang ditetapkan.

"Saya ingin mengajak kita semua, walaupun target 14,3 juta, InsyaAllah dengan doa dengan semangat kita bersama, dengan kolaborasi kita bersama, kita bisa mencapai angka sebelum pandemi yaitu 17 juta, are you ready?" kata Sandiaga dalam weekly brief Menparekraf, Senin (5/2/2024).

Sandiaga mengatakan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), secara kumulatif kunjungan wisman pada 2023 mencapai 11,68 juta kunjungan.

Angka itu jauh melampaui target yang ditetapkan Kemenparekraf pada awal 2023 yakni 7,4 juta dan juga melewati target yang ditetapkan di pertengahan 2023 yakni 8,5 juta kunjungan.

Baca juga:

Jumlah kunjungan wisman pada 2023 juga meningkat signifikan jika dibandingkan dengan capaian pada 2022 yang hanya mencapai 5,89 juta kunjungan.

Editor: Wahyu S.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!