Article Image

NASIONAL

Taktik Keluar dari Saham Nyangkut

"Saham nyangkut kerap bikin frustasi trader maupun investor. Perlu antisipasi dan mitigasi untuk bisa keluar dari kondisi 'nyangkut'"

KBR, Jakarta, - Saham nyangkut kadang jadi realita para trader maupun investor, yang memicu kepanikan dan bikin bingung mesti bagaimana. 

Menurut founder investorsaham.id Thomas William ada perbedaan tipis antara 'nyangkutnya' trader dan investor. Thomas bilang, trader biasanya 'nyangkut' karena salah mengartikan chart.

"Dia entry, ngelihat chart, ketika trader masuk ternyata abis itu nggak reversal. Malah terus turun, artinya sinyal tadi ternyata false," jelas Thowil.

Sementara investor baru dikatakan nyangkut ketika hasil kerja emiten tak sesuai dengan analisis fundamental.

“Saya nggak peduli dengan price action, dengan pergerakan harga as an investor, tetapi saya peduli dengan hasil kinerja emiten. Kalau ternyata hasil kinerja dari emiten tidak sesuai harapan dan proyeksi, itu artinya 'nyangkut',” katanya.

Penyebab saham nyangkut bisa beragam. Kesalahan paling lazim adalah membeli saham karena FOMO atau ikut-ikutan. Tanpa analisis mendalam saham di portofolio rawan 'nyangkut'.

"Masuk di harga udah tinggi, orang sudah pada jualan, karena merasa udah cukup profitnya. Itu yang menyebabkan jadi 'nyangkut',"ujar Thomas.

Baca juga:

Maksimalkan Cuan Dividen untuk Investasi Jangka Panjang

Saham-Saham Potensial di Paruh Kedua 2023

Pendiri investorsaham.id Thomas William menyebut tak perlu ragu cutloss kalau saham nyangkut. Ini untuk mencegah rugi besar dan duitnya bisa digunakan untuk mencari profit di saham lain. (Foto: Dok pribadi)

Jika saham sudah telanjur nyangkut, Thomas menyebut tak perlu ragu untuk cutloss.

“Kita bisa punya dua pilihan. Kita tetap bermain di barang yang kita salah posisi, atau ya udah kita cutloss karena kita tahu dan mengakui salah posisi dan pindahkan ke yang lebih baik,” katanya.

Berdasarkan pengalaman Thomas, trader maupun investor dapat menghindari saham nyangkut dengan menganalisis emiten secara cermat. Jangan pula banyak berspekulasi tanpa dasar. 

"Sebaiknya benar-benar independen sebelum mengambil keputusan beli ataupun jual, mau itu trading, mau itu investing. Kalau nggak paham, maka tidak mengambil keputusan untuk melakukan transaksi, itu jauh lebih baik, karena setidaknya uang kita tetep," tutur Thomas.

Simak penjelasan lengkap soal Taktik Keluar dari Saham Nyangkut di Uang Bicara. Aline Wiratmaja bakal ngobrol bareng investor sekaligus founder @investorsaham.id, Thomas William mengulik jurus-jurus untuk mengatasi saham nyangkut. Podcast ini bisa didengarkan di KBR Prime, Spotify, Apple Podcast, dan platform mendengarkan podcast lainnya.