NASIONAL

Sri Mulyani Ungkap Alasan Keponakan Prabowo Diangkat jadi Wamenkeu

Thomas juga bagian dari Tim Gugus Tugas Sinkronisasi Prabowo-Gibran yang bekerja untuk masa transisi pemerintahan Jokowi.

AUTHOR / Heru Haetami, Astry Yuana Sari

EDITOR / Sindu

Sri Mulyani Ungkap Alasan Keponakan Prabowo Diangkat jadi Wamenkeu
Menteri Keuangan Sri Mulyani. Foto: ANTARA

KBR, Jakarta- Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengungkapkan alasan Thomas Djiwandono yang juga keponakan Prabowo Subianto, diangkat sebagai wakil menteri keuangan II. Alasannya kata dia, untuk mempermudah koordinasi penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) Tahun Anggaran 2025.

Pasalnya kata Menkeu, dalam tiga bulan terakhir, Thomas juga bagian dari tim Gugus Tugas Sinkronisasi Prabowo-Gibran sebagai anggota bidang ekonomi dan keuangan yang bekerja untuk masa transisi pemerintahan Jokowi.

“Memang fokusnya Tommy akan ikut dalam penyusunan RAPBN 2025. Ini dalam tahap penyusunan berdasarkan yang sudah dibahas dengan DPR kemarin. Dengan masuknya Tommy (Thomas, red) dalam kabinet akan membuat seluruh komunikasi jauh lebih mudah,” kata Sri Mulyani saat konferensi pers di Jakarta, Kamis, (18/7/2024).

Menkeu Sri Mulyani berharap, bergabungnya Tommy dalam jajaran Kementerian Keuangan, memperlancar proses koordinasi dengan tim transisi.

“Tapi, karena Tommy kini di dalam kabinet, jadi tidak perlu ada pertemuan khusus, sehingga penyusunan APBN di Nota Keuangan dan Rancangan Undang-Undang (RUU) yang akan disampaikan Presiden Joko Widodo pada 16 Agustus menjadi lebih mudah,” kata Menkeu.

2 Kader Gerindra Dilantik Jokowi

Kemarin, Presiden Joko Widodo melantik tiga orang wakil menteri di Istana Negara. Dua kader Partai Gerindra, Thomas Djiwandono dilantik menjadi wamen keuangan dan Sudaryono jadi wamen pertanian. 

Jokowi juga melantik Deputi bidang Pengembangan Iklim Penanaman Modal di Kementerian Investasi/BKPM, Yuliot Tanjung, menjadi wakil menteri investasi.

Usai dilantik, Thomas yang juga adalah keponakan Presiden terpilih Prabowo Subianto mengatakan, jabatan baru yang ia emban untuk menunjukkan kontinuitas pemerintahan, terutama mengenai anggaran.

"Untuk itu saya akan bekerja erat dengan Ibu Menteri Keuangan Ibu Sri Mulyani dan Wakil Menteri Keuangan I Pak Suahasil. Tugas kami, tugas saya adalah supaya semua hal yang menyangkut anggaran terutama di 2025 itu selaras dengan apa yang sudah dicetuskan oleh pemerintah sekarang, dan tentunya program-program presiden terpilih ke depan," kata Thomas usai dilantik, di Istana Negara, Kamis, (18/7/2024).

Baca juga:

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!