NASIONAL

SMRC: Elektabilitas Puan Masih Stagnan

"Hasil survei Agustus kemarin menunjukkan, elektabilitas Puan Maharani hanya mentok di angka 1 persen saja. "

Resky Novianto

puan
Ketua DPP PDIP Puan Maharani. (Foto: antaranews/istimewa)

KBR, Jakarta - Elektabilitas Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani dinilai masih stagnan dalam satu tahun terakhir. Padahal, Puan digadang-gadang hendak diajukan sebagai Calon Presiden dari PDIP.

Menurut pendiri Survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Saiful Mujani, hasil survei Agustus kemarin menunjukkan, elektabilitas Puan Maharani hanya mentok di angka 1 persen saja. Sangat jauh bila dibandingkan dengan elektabilitas Ganjar Pranowo yang sudah melebihi 25 persen. Sedangkan elektabilitas Prabowo Subianto 16 persen, dan Anies Baswedan 14 persen.

"Kalau dilihat dari sini, saya tidak tahu gitu, bagaimana caranya, apa alasannya harus mendukung atau mencalonkan Ibu Puan kalau targetnya harus menang. Jelas dong, targetnya harus menang. Kalau kondisinya seperti ini, ya berat dong, Ini fakta," ujar Saiful dalam Pemaparan Hasil Survei SMRC bertajuk “Siapa Calon Presiden PDIP 2024?” yang ditayangkan SMRC TV, Kamis (15/9/2022).

Baca juga:

- Bertemu Puan Maharani, Ini yang Disampaikan Surya Paloh

- Ganjar, Anies, Prabowo Teratas Survei Elektabilitas Capres

Saiful menambahkan, dalam simulasi tiga nama, survei SMRC pun menunjukkan elektabilitas Puan Maharani yang masih di level bawah. Puan hanya mendapat 7 persen, Prabowo Subianto 40 persen, dan Anies Baswedan 27 persen., Sementara itu, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menegaskan, hingga saat ini partainya belum menentukan sosok yang akan diajukan menjadi Capres 2024.

Editor: Fadli Gaper

  • Puan
  • Puan Maharani
  • Capres 2024
  • SMRC

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!