Article Image

NASIONAL

Singkap Realita Start Up Bareng Kucing Tengil Ecommurz

"Berita start up selalu seru untuk diikuti, sayang media hanya memberitakan sisi baiknya saja, akun ecommurz justru menyingkap realita lain perusahaan rintisan."

KBR, Jakarta- Kerja di start up tuh kelihatan keren ya. Pakai lanyard, lingkungan kerja nyaman, modern, dan isinya anak muda. 

Namun, imej itu bisa seketika berubah saat membuka akun @ecommurz di Instagram. Akun dengan gambar kucing ini menyajikan sisi wajah lain dari dunia start up yang jarang diketahui publik.

Ecommurz dibidani tim, tapi satu-satunya yang muncul ke permukaan adalah Andriy Hadinata, sang podcaster

Menurut Andriy, Ecommurz lahir pada 2020 masa pandemi. Awalnya hanya mengunggah meme seputar start up. 

“Basically it's a meme, buat lucu-lucuan aja. Tapi ternyata banyak orang-orang yang follow dan mulai relate tuh,” kata Andriy sambil tertawa.

Tak ada alasan khusus memilih kucing sebagai avatar.

Lambat laun, banyak orang yang 'numpahin teh panas' urusan dapur start up lewat pesan langsung (direct message). Alhasil, info-info yang dibagikan Ecommurz pun makin seru. Pengikutnya pun membeludak, sampai ada sebutannya, MurzFam, rata-rata para pekerja start up

Atensi masif ini diduga karena publik bosan dengan pemberitaan soal start up yang cuma berpusar pada pendanaan, valuasi, dan IPO. Megah dan gemerlap, padahal ada wajah 'gelap' yang tidak terungkap.  

“Dinamikanya, orang-orang di dalamnya, perjuangannya gimana? hampir nggak pernah diberitain. Enggak semuanya seindah akun-akun life at itu. Ada yang struggle kerja nggak ada habisnya. Apalagi beberapa start up beroperasinya 24 hours," ucap Andriy.

Baca juga:

Sukses Bangun Personal Branding ala Bang Ogut

Kunci Start Up Bangun Bisnis Berkelanjutan

Podcaster @Ecommurz Andriy Hadinata menyebut hubungan komunitas digital MurzFams kuat karena ada rasa senasib seperjuangan sesama pekerja start up. (Foto: dok pribadi)

Perusahaan-perusahaan rintisan besar tak lepas dari spill-an akun ini. Andriy bilang Ecommurz punya banyak intel untuk mengendus dan memverifikasi informasi. 

“Karakter Murz itu kan ya udah mirip-mirip kayak kucing, nyebelin, tapi lucu,” tuturnya.

Saking tepercayanya, Ecommurz sampai pernah dikutip media besar. 

“Bloomberg bikin artikel tentang Ecommurz. Itu juga gue nggak expect, tapi mungkin karena apa yang kita kerjakan itu punya impact akhirnya mereka pun juga melirik,” tutur Andriy.

Saat ini, MurzFam di Instagram mencapai 271 ribu. Andriy merasa ada tugas besar untuk menjaga akun kucing tengil itu dari bias dan hoax.

“Cara verifikasinya ya intel. Bisa jadi kucing berkeliaran di kantor tersebut, bisa jadi duduk di sebelah Anda atau jangan-jangan bos Anda, atau jangan-jangan orang kepercayaan Anda,” katanya.

Dengarkan obrolan seru Aline Wiratmja bersama Founder Ecommurz Andiry Hadinata soal dunia start up di Uang Bicara episode Singkap Realita Start Up Bareng Kucing Tengil Ecommurz di KBR Prime, Spotify, Apple Podcast, dan platform mendengarkan podcast lainnya.