NASIONAL

Ribuan Lembar Surat Suara Pilpres dan Pileg di Solo Rusak

Serat suara yang rusak melebihi batas cadangan akan diganti dengan lembaran baru layak pakai.

AUTHOR / Yudha Satriawan

logistik
Petugas KIP Kota Banda Aceh memperlihatkan surat suara pemilu yang robek di tempat penyortiran dan pelipatan, Rabu (17/1/2024). ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

KBR, Solo - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Solo menemukan ribuan lembar surat suara Pemilu 2024 yang rusak dan tidak layak pakai. Ketua KPUD Solo Bambang Christanto mengatakan lembaran surat suara yang rusak melebihi batas cadangan akan diganti dengan lembaran baru layak pakai.

"Jumlah surat suara untuk Pilpres hasil penyortiran di Solo ada 5.109 lembar, itu tidak layak pakai dan rusak. Surat suara DPD ada 9.871 lembar. Kemudian untuk surat suara DPR ada 3.881 lembar yang disortir rusak, kemudian surat suara DPRD provinsi 4.449 lembar yang tidak layak. Surat suara itu dalam kondisi sobek, berlubang, cetakan tidak jelas atau blur," ujar Bambang di Solo, Jumat (19/1/2024).

Bambang menjelaskan proses sortir dan lipat surat suara di Solo berlangsung sepekan lalu dan berakhir Kamis (18/1/2024) malam. Proses sortir dan lipat surat suara melibatkan 400 orang.

Surat suara yang disortir dan dilipat mulai dari jenis surat suara DPD dan Pilpres. Kemudian dilanjutkan calon legislatif DPR dan DPRD. Masing-masing kategori surat suara itu ada 448.656 lembar.

Baca juga:

Seluruh proses penerimaan logistik, penyimpanan, penyortiran, dan pelipatan surat suara dilakukan di tiga gudang milik KPUD Solo. Proses tersebut diawasi oleh polisi dan dilengkapi CCTV.

Editor: Wahyu S.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!