NASIONAL

Presiden Jokowi Pamer Pembangunan Selama 10 Tahun di Sidang Tahunan MPR

pembangunan yang Indonesiasentris, membangun dari pinggiran, membangun dari desa

AUTHOR / Astri Septiani

EDITOR / Muthia Kusuma

presiden
Presiden Jokowi bersama Menhan sekaligus Presiden Terpilih Prabowo Subianto di Kompleks Parlemen, Jumat, (16/8/24) (FOTO: ANTARA/Aditya Pradana Putra)

KBR, Jakarta- Presiden Indonesia Joko Widodo mengeklaim dalam 10 tahun ini, Indonesia telah mampu membangun fondasi dan peradaban baru.

Kepala negara mengucapkan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia. Sebab, kata dia selama satu dekade terakhir, rakyat telah bersama-sama melintasi tantangan dengan kuat, menapaki langkah demi langkah, dan menghadapi terjadinya perubahan.

"Sehingga kita sebagai sebuah bangsa yang besar bisa sampai pada titik ini. Titik yang bisa menjadi titik lontar untuk menggapai kemajuan bersama di masa yang akan datang. Alhamdulillah, selama 10 tahun ini kita telah mampu membangun sebuah fondasi dan peradaban baru, dengan pembangunan yang Indonesiasentris, membangun dari pinggiran, membangun dari desa dan membangun dari daerah terluar," kata Jokowi saat membacakan Pidato Presiden pada Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat (16/08/24).

Baca juga:

Jokowi merinci, sampai saat ini pemerintah telah membangun 366 ribu kilometer jalan desa, 1,9 juta meter jembatan desa, 2.700 kilometer jalan tol baru, 6.000 kilometer jalan nasional. Selain itu, dia menyebut pemerintah juga membangun 50 pelabuhan dan bandara baru, serta 43 bendungan, dan 1,1 juta hektare jaringan irigasi baru. 

Jokowi mengeklaim dengan pembangunan itu, pemerintah berhasil menurunkan biaya logistik dari sebelumnya 24% menjadi 14% pada tahun 2023. Kata dia, hal itu meningkatkan daya saing dari sebelumnya peringkat 44 menjadi peringkat 27 di tahun 2024.

Di samping itu, pemerintah disebut mampu memperkuat persatuan karena akses yang lebih merata dan berkeadilan.

"Selain itu, ketangguhan kita sebagai sebuah bangsa juga terbukti dari daya tahan dalam menghadapi pandemi Covid-19, dalam menghadapi perubahan iklim, dan dalam menghadapi geopolitik dunia yang semakin memanas," tambahnya.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!