NASIONAL

Presiden Jokowi Minta Penambahan Kapasitas RSUD Tebing Tinggi

RSUD Kumpulan Pane menjadi pusat kesehatan yang banyak didatangi oleh pasien-pasien dari kabupaten sekitar.

AUTHOR / Astri Yuanasari

Tebing Tinggi
Presiden Joko Widodo tinjau RSUD Kumpulan Pane di Tebing Tinggi, Sumut (7/2/2024). (Foto: Youtube Sekretariat Presiden RI)

KBR, Jakarta - Presiden Joko Widodo meminta penambahan kapasitas dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kumpulan Pane di Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara. Hal ini ia sampaikan saat mengunjungi fasilitas kesehatan tersebut, Rabu (7/2/2024).

Jokowi mengatakan, RSUD Kumpulan Pane menjadi pusat kesehatan yang banyak didatangi oleh pasien-pasien dari kabupaten sekitar.

"Ya di sini memang di rumah sakit RSUD Haji Kumpulan Pane ini dari kabupaten sekitar kota Tebing Tinggi ini banyak yang berdatangan. Sehingga saya lihat memang jumlah pasiennya juga cukup banyak, padahal di sini hanya memiliki 202 tempat tidur. Sehingga memang kapasitasnya perlu ditambah," kata Jokowi di sela-sela kunjungannya ke Kota Tebing Tinggi Sumut, Rabu (7/2/2024).

Jokowi menambahkan, dirinya juga sudah meminta pemerintah daerah untuk mengajukan proposal penambahan kapasitas dan fasilitas rumah sakit tersebut.

Selain itu, kata dia, seluruh bangunan RS juga perlu diperbaiki secara keseluruhan.

"Tadi saya tanya ke Pak Walikota kepada Gubernur juga, apakah ada lahan yang bisa dibangun untuk tambahan sehingga kapasitasnya bisa lebih gede? ada. Tadi sudah saya sampaikan dibuatkan proposalnya nanti di bangun oleh pemerintah pusat. Tapi termasuk juga bangunan yang lamanya ini perlu direhab total ya," imbuhnya.

Baca juga:

- Presiden Jokowi Resmikan Dua Ruas Tol Trans-Sumatera di Sumut

- Resmikan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor, Jokowi: Kurangi Kemacetan

Sebelumnya, Jokowi meresmikan dua ruas jalan tol di sekitar Kota Tebing Tinggi, yakni ruas Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat seksi Tebing Tinggi-Indrapura, dan jalan tol ruas Indrapura-Kisaran seksi Indrapura-Limapuluh. Oleh karena itu, Jokowi juga ingin mengecek kondisi pelayanan kesehatan di daerah yang dikunjunginya.

"Ya ini seperti saya selalu berkunjung di kota dan kabupaten yang lain, ingin ngecek pelayanan di bidang kesehatan, ngecek fasilitas Rumah Sakit, ngecek kondisi gedung Rumah Sakit, ngecek di pendaftaran pasien, ngecek layanan BPJS Seperti apa kecepatannya, saya kira itu yang selalu saya lihat," kata Jokowi.

Editor: Fadli

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!