NASIONAL

Perjalanan Timnas Indonesia hingga Juara Piala AFF U-19

Timnas U-19 Indonesia menyapu bersih seluruh kemenangan semenjak babak grup.

AUTHOR / Resky Novianto, Sindu

EDITOR / Sindu

Perjalanan Timnas Indonesia hingga Juara Piala AFF U-19
Timnas U-19 Indonesia menjadi juara setelah mengalahkan Thailand di final Piala AFF U-19 di Gelora Bung Tomo, Surabaya, Senin, 29 Juli 2024. Foto: pssi.org

KBR, Jakarta- Tim Nasional (Timnas) Indonesia menjadi juara Piala U-19, usai mengalahkan Thailand 1-0 di laga final di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Senin malam, 29 Juli 2024.

Dalam perjalanannya menjadi juara, Timnas U-19 Indonesia menyapu bersih seluruh kemenangan semenjak babak grup.

Di Piala AFF U-19 2024, Timnas Indonesia berada di Grup bersama, Filipina, Timor Leste, dan Kamboja. Dalam tiga penampilan melawan ketiga negara itu, Timnas Indonesia menang 6-0 melawan Filipina, 2-0 kontra Kamboja, dan 6-2 versus Timor Leste.

Indonesia lolos ke semifinal dengan poin sempurna, yakni sembilan, hasil dari tiga kemenangan, dan menjadi juara Grup A.

Pada babak semifinal, lawan yang harus dihadapi adalah Malaysia. Malaysia lolos ke semifinal sebagai juara Grup C, dengan raihan tujuh poin. Malaysia menang 11-0 melawan Brunei, 5-0 saat bersua Singapura, dan berbagi poin lantaran imbang 1-1 kontra Thailand.

Gol tunggal dari Alfharezzin Buffon pada menit ke-78 saat lawan Malaysia di semifinal, sudah cukup mengantarkan Timnas Indonesia melaju ke babak final Piala AFF U-19.

Final

Di partai puncak yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Timnas Indonesia menundukkan Thailand dengan skor 1-0, Senin malam, 29 Juli 2024. Gol semata wayang Indonesia dicetak Jens Raven, lewat skema sepak pojok. 

Timnas Indonesia berhasil membobol gawang Thailand lewat sontekan Jens Raven di menit ke-18, usai meneruskan sundulan Kadek Arel setelah menanduk bola hasil sepak pojok Muhammad Kafiatur.

Hingga pertandingan waktu normal berakhir, tak ada gol tambahan tercipta. Indonesia menang 1-0 atas Thailand dan keluar sebagai juara Piala AFF U-19 2024.

Prestasi ini merupakan gelar kedua yang diraih Indonesia di Piala AFF U-19. Sebelumnya, pada Piala AFF edisi 2013, Indra Sjafri juga membawa Timnas U-19 Indonesia keluar sebagai juara.

Baca juga:

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!