NASIONAL

Pemerintah Siapkan 3 Kawasan Ekonomi Baru

Pemerintah tengah menyiapkan tiga kawasan ekonomi khusus baru.

AUTHOR / Abu Pane

Pemerintah Siapkan 3 Kawasan Ekonomi Baru
Kawasan Ekonomi Khusus, Mandalika, Tanjung Siapi-api, Morotai

KBR68H, Jakarta - Pemerintah tengah menyiapkan tiga kawasan ekonomi khusus baru. Ketiga wilayah itu adalah Tanjung Api-Api di Sumatera Selatan, Mandalika di Nusa Tenggara Barat, dan Marotai di Maluku. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa menilai, Mandalika dan Morotai memiliki potensi industri parawisata yang bisa meningkatkan perekonomian Indonesia lewat investasi swasta. Sementara Tanjung Api-Api merupakan basis agroindustri kelapa sawit, karet, dan batu bara. Untuk pengembangan ketiga daerah ini, pemerintah bakal menerapkan pengenaan bea cukai, pajak, dan lainnya secara khusus.


"Misalkan fasilitas bea masuk dan cukai. Untuk penangguhan bea masuk semua (akan ada), general. Dalam kawasan KEK mesti ada. Pembebasan bea masuk, pembebasan bea cukai, keringan bea masuk,itu semua diusulkan pada Presiden. Untuk diusulkan saja ada lebih dari 14 persyaratan yang harus dipenuhi. Mulai tanah yang clear dan clean, kemudian calon investor. Berbagai macam persyaratan itu harus dipenuhi," ujar Hatta di Jakarta, Senin (14/2).


Menteri Koordinator Perekonomia Hatta Rajasa menambahkan, pemerintah sudah menyediakan anggaran awal sebesar Rp 12,3 trilliun untuk menjadikan Tanjung Api-Api sebagai Kawasan Ekonomi Khusus. Sementara untuk Mandalika disediakan anggaran awal Rp 2,2 trilliun, dan Morotai disediakan Rp 6,8 trilliun. Hatta juga mengatakan sejumlah perusahaan swasta seperti PT Tibam, PT Hanuraba, Pupuk Sriwijaya, dan lainnya sudah siap berinvestasi di tiga daerah tersebut.


Editor : Sutami

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!