NASIONAL

Kunjungan Paus, Pesan Penting Rawat Kebersamaan Keberagamaan

Kedatangan Paus ini menunjukkan ke dunia internasional bahwa kerukunan antar-umat beragama di Tanah Air terjamin.

AUTHOR / Shafira Aurel

EDITOR / R. Fadli

Paus
Paus Fransiskus. (Foto: ANTARA)

KBR, Jakarta - Kementerian Agama menilai, kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia dapat memberi pesan penting untuk merawat kebersamaan di tengah keberagaman.

Juru Bicara Kemenag, Anna Hasbie mengatakan, hal tersebut merupakan momentum istimewa yang harus dimanfaatkan secara baik.

Anna juga menyebut kedatangan Paus ini menunjukkan ke dunia internasional bahwa kerukunan antar-umat beragama di Tanah Air terjamin.

"Ini bertujuan selain untuk memperkuat hubungan Indonesia-Vatikan juga untuk membawa pesan-pesan perdamaian. Kedatangan Paus bisa menjadi simbol kebersamaan dalam perbedaan. Tentu kami berharap kedatangan Paus akan menginspirasi kita semua tentang kasih sayang antar umat beragama. Ini juga sejalan dengan mandat Kemenag untuk menjamin hak beribadah semua umat beragama di Indonesia," ujar Anna kepada KBR Media, Senin (2/9/2024).

Baca juga:

Dubes RI: Kunjungan Paus Fransiskus untuk Apresiasi Kebebasan Beribadah di Indonesia

Adapun Pemimpin Gereja Katolik Dunia, Paus Fransiskus akan melakukan perjalanan apostolik ke Indonesia, Papua Nugini, Timor Leste, dan Singapura pada 3-13 September 2024.

Indonesia menjadi negara pertama dalam rangkaian kunjungan Paus Fransiskus ke kawasan Asia Pasifik, yaitu pada tanggal 3-6 September 2024.

Tujuan Paus Fransiskus ke Indonesia adalah untuk memberikan apresiasi kepada bangsa Indonesia tentang kebebasan beribadah dan ingin belajar mengenai keberagaman di Indonesia.

Baca juga:

Wapres: Tak Etis Ada Muktamar Tandingan atau Pengurus Baru

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!