NASIONAL

KPU Targetkan Pengumuman Hasil Pilpres dan Pileg Usai Buka Puasa

KPU telah menyelesaikan rekapitulasi perhitungan suara hasil Pemilu 2024 untuk 37 provinsi dari 38 provinsi.

AUTHOR / Heru Haetami

KPU Targetkan Pengumuman Hasil Pilpres dan Pileg Usai Buka Puasa
Ratusan massa berdemonstrasi di depan KPU meyatakan kontra hak angket. Massa menilai, jika ada kecurangan pemilu bisa digugat di MK. Foto: KBR/Heru Haetami

KBR, Jakarta- Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan rekapitulasi perhitungan suara pileg dan Pilpres 2024 rampung secepatnya. Anggota KPU RI August Mellasz mengatakan, pengumuman dan penetapan pemenang pemilu ditargetkan usai berbuka puasa.

“Mungkin kalau waktu definitifnya kemungkinan pasca, kita ambil jeda sampai menjalankan ibadah inilah, puasa, ya, waktu berbuka, semacam itu,” kata Mellasz di kantor KPU RI, Rabu, (20/3/2024).

KPU hingga kini masih melanjutkan rapat pleno rekapitulasi Pemilu 2024 tingkat nasional. Mellasz mengatakan, KPU akan merampungkan rekap untuk dua provinsi terakhir, yakni Papua dan Papua Pegunungan.

Rekap hari terakhir ini dilakukan hanya satu panel. Sebelumnya skema rekapitulasi dua panel diambil KPU untuk mengejar target penyelesaian penghitungan.

“Berlangsung satu panel langsung dipimpin ketua KPU dan anggota KPU yang lain. Setelah itu, kami akan lihat pascapleno selesai pembacaan hasil Pemilu tingkat provinsi selesai dan kita tetapkan. Selanjutnya tentu melaui proses atau tahap berikutnya terkait dengan penetapan,” kata Mellasz.

Mellasz bilang, usai penetapan, KPU akan melakukan pencermatan dan pemeriksaan dokumen-dokumen yang dibutuhkan.

“Karena nanti penetapan itu SK nya keseluruhan,” katanya.

Hingga, Rabu (20/3), KPU telah menyelesaikan rekapitulasi perhitungan suara hasil Pemilu 2024 untuk 37 provinsi dari 38 provinsi.

Berdasarkan rekapitulasi penghitungan perolehan suara tingkat nasional, Prabowo-Gibran memperoleh 838.382 suara. Sementara itu, paslon nomor urut 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapatkan 284.184 suara, kemudian Ganjar Pranowo-Mahfud memperoleh 175.956 suara.

Baca juga:

Editor: Sindu

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!