NASIONAL

Konflik Timur Tengah, Airlangga Yakin Inflasi Tetap Terkendali

"Indonesia sudah berpengalaman mengendalikan inflasi di tengah konflik, seperti yang terjadi antara Rusia dengan Ukraina."

Heru Haetami

Inflasi
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (kiri) sampaikan upaya pengendalian inflasi di kantornya (18/4/2024) (Foto: Screenshot Youtube Kemenko Perekonomian RI)

KBR, Jakarta - Pemerintah optimistis angka inflasi akan tetap terkendali meski konflik di Timur Tengah terus memanas.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, beberapa upaya kini dilakukan untuk mengendalikan inflasi. Mulai dari penguatan cadangan pangan, perlindungan sosial, hingga penugasan tim pengendalian inflasi di pusat maupun daerah.

"Ini juga melalui SPHP (Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan - red), bantuan tangan, Perlinsos, subsidi dan kompensasi energi. Ketersediaan pasokan yaitu cadangan beras pemerintah dijaga 1,2 ton setahun, kemudian pembiayaan KUR, penyediaan pupuk subsidi, kemudian juga distribusi antar daerah penghasil dan pengguna. Jadi kerja sama antar daerah penghasil komoditi pangan dan provinsi yang membutuhkan dan juga orkestrasi melalui komunikasi kegiatan yang terkait dengan TPID," kata Airlangga dalam keterangan pers di kantornya, Kamis (18/4/2024).

Airlangga menambahkan, Indonesia sudah berpengalaman mengendalikan inflasi di tengah konflik, seperti yang terjadi antara Rusia dengan Ukraina.

Adapun laju inflasi di tanah air yang terjadi beberapa bulan terakhir, utamanya dipengaruhi dampak perubahan iklim seperti El Nino. Angka inflasi diakui sempat melonjak karena dipicu gejolak di sektor pangan.

"Pemerintah sudah bekerja sama dengan tim pengendalian inflasi pusat pengendalian inflasi daerah agar inflasi tetap dalam rentang 2,5 persen plus minus 1 persen dari kebijakan moneter tentu yang stabilisasi nilai tukar dilakukan oleh Bank Indonesia,” katanya.

Baca juga:

Susu Gratis, Pemerintah akan Impor 2,15 Juta Sapi Perah

Airlangga: Berdampak ke Perekonomian Nasional, Waspadai Tiga Hal Ini

Editor: Fadli

  • YLKI
  • Permenperin 6/2024
  • DPR
  • pembatasan importasi
  • inflasi
  • Airlangga Hartarto
  • konflik

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!