NASIONAL

KKP Gagalkan 22 Kali Percobaan Penyelundupan 2 Juta Benih Lobster

Mereka menggunakan jalur laut dan darat serta terorganisir dengan rapi

AUTHOR / Naufal Nur Rahman

EDITOR / Wahyu Setiawan

benur
Sejumlah Prajurit TNI AL mengamati barang bukti benih lobster yang akan diselundupkan ke luar negeri di Jakarta Utara, Kamis (16/5/2024). (FOTO: ANTARA/Fakhri)

KBR, Jakarta – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengeklaim menggagalkan 22 kali percobaan penyelundupan 2 juta benih-benih Lobster (BBL). Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan KKP Pung Nugroho Saksono mengatakan, operasi pengawasan penyelundupan benih lobster dilakukan bersama dengan aparat penegak hukum lain.

"Upaya pengawasan penyelundupan BBL terus dilakukan melalui kerja sama dengan instansi terkait dan mandiri. Kemudian selama tahun 2024 kami berhasil menghentikan 22 kali penyelundupan BBL di 11 lokasi dengan kerugian yang dapat diselamatkan sebesar kurang lebih Rp266 miliar," ucap Pung Nugroho dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (2/8/2024).

Pung Nugroho menyebut upaya penyelundupan benih lobster tahun ini meningkat dibanding tahun lalu. Pada 2023, KKP mengeklaim menggagalkan 15 upaya penyelundupan benih lobsterpada tahun 2023.

Dia menyebut penyelundupan itu terorganisasi dengan baik melewati jalur laut dan darat.

"Ini beberapa contoh pengungkapan kasus penyelundupan BBL. Mereka menggunakan jalur laut dan darat serta terorganisir dengan rapi," tambah Pung.

Baca juga:

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!