NASIONAL

Jokowi Minta Pemda Jaga Stabilitas Harga Pangan

"“Jangan sampai yang terjadi pasokannya nggak ada. Jaga pasokan, jaga harga,”"

AUTHOR / Heru Haetami

harga pangan melambung
Ilustrasi: Harga pangan melambung, operasi pasar beras medium di Antapani, Bandung, Jabar, Rabu (22/02/23). (Antara/Raisan Al Farisi)

KBR, Jakarta-  Presiden Joko Widodo meminta jajaran pemerintah di daerah untuk menjaga stabilitas suplai dan harga pangan, terutama beras.

Presiden menyampaikan itu saat  pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) Tahun 2023, Kamis (23/02/2023) di Balikpapan, Kalimantan Timur.

“Jangan sampai yang terjadi pasokannya nggak ada. Jaga pasokan, jaga harga,” ujar Presiden.

Presiden juga meminta kepala daerah untuk menggenjot produksi beras di wilayah masing-masing.

“Sekali lagi, saya ingin kita memiliki sense yang sama mengenai urusan pangan. Jangan nanti sudah kejadian barangnya nggak ada karena produksinya enggak kita kontrol, baru semuanya kita teriak,” ujarnya.


 Baca juga:

Jokowi juga meminta para kepala daerah untuk saling bekerja sama dalam memenuhi kebutuhan pangan di setiap daerah, sesuai dengan komoditas andalan masing-masing.

“Kolaborasi, telepon antargubernur penting. Suplai yang banyak, misalnya dari Jawa Timur, lihat ada kelebihan surplus berapa, yang kurang tolong segera tarik ke daerah yang kekurangan,” ucapnya.


Editor: Rony Sitanggang

  • Bulog
  • Ikappi
  • operasi pasar
  • harga beras
  • komoditas beras

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!