NASIONAL

H-3 Pemberangkatan Jemaah Calon Haji, Kemenag: Pemvisaan Belum Rampung

""Jadi hari ini teman-teman di Tim Dokumen Haji sedang memproses lagi 241 visa.""

Amanda Titis

Haji
Jemaah calon haji memasuki pesawat di Bandara Internasional Minangkabau, Sumatera Barat, Sabtu, (4/6/2022) (FOTO: Antara/Iggoy)

KBR, Jakarta- Pemerintah mengeklaim proses pemvisaan jemaah haji reguler 1445 H/2024 M asal Indonesia hampir rampung.  Direktur Layanan Haji dalam Negeri Saiful Mujab mengatakan, sebanyak 554 kloter sudah terbentuk dan tervisa sesuai dengan jumlah kuota jemaah haji Indonesia. Tahun ini kuota jemaah calon haji Indonesia sebanyak 241.000 orang, terdiri atas 213.320 jemaah reguler dan 27.680 jemaah khusus.

"Sampai hari ini, sebanyak 213.079 jemaah sudah terbit visanya. Proses pemvisaan jemaah haji reguler sebenarnya sudah selesai, total 100%," ucap Saiful Mujab dalam rilis resmi Kemenag, Kamis (9/5/2024).

Saiful menambahkan, proses pemvisaan menghadapi sejumlah tantangan yang mengakibatkan pembatalan pemberangkatan ibadah haji. Penyebabnya yaitu jemaah yang sakit, wafat maupun alasan lainnya. 

"Jadi hari ini teman-teman di Tim Dokumen Haji sedang memproses lagi 241 visa sebagai pengganti jemaah yang sudah tervisa, namun batal berangkat," sambungnya.

Baca juga:

Jemaah Calon Haji Bakal Menghadapi Cuaca Panas di Arab Saudi

Saiful berharap jemaah yang sudah tervisa mempersiapkan kesehatan untuk menjalankan ibadah haji, sehingga tidak ada lagi kuota yang harus digantikan karena batal berangkat.

Sebanyak 554 kloter terdistribusi dalam 14 embarkasi. Yaitu, Embarkasi Aceh (BTJ), Kualanamu (KNO), Batam (BTH), Padang (PDG), Palembang (PLM), Jakarta - Pondok Gede (JKG), Jakarta - Bekasi (JKS), Kertajati (KJT), Solo (SOC), Surabaya (SUB), Lombok (LOP), Balikpapan (BPN), Banjarmasin (BDJ), dan Makassar (UPG).

"Sebanyak 294 kloter terbang dengan Garuda Indonesia, 260 kloter terbang dengan Saudia Airlines," ungkapnya.

Jemaah calon haji Indonesia akan mulai terbang ke Arab Saudi pada 12 Mei 2024. Proses pemberangkatan jemaah akan berlangsung hingga 10 Juni 2024.

"Sebanyak 437 petugas Daker Bandara dan Daker Madinah sudah diberangkatkan untuk bersiap menyambut kedatangan dan melayani jemaah haji Indonesia," tandasnya.

    Editor: Muthia Kusuma

    • visa
    • pemvisaan
    • Jemaah Calon Haji
    • Kemenag

    Komentar

    KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!