NASIONAL

FOMO Sapiens : Hati-hati di Jalan dan IPK Indonesia Anjlok

"Indeks Persepsi Korupsi IPK Indonesia Anjlok"

FOMO Sapiens : Hati-hati di Jalan dan IPK Indonesia Anjlok
Ilustrasi highlight berita sepekan. (FOTO : KBR)

KBR, Jakarta – Kecelakaan lalu lintas yang dialami Selvi Amalia di Cianjur, Jawa Barat dan Muhammad Hasya Attalah ramai diperbincangkan warganet. Hal ini lantaran pihak berwajib yang dinilai tidak profesional dalam menangani kasus.

Transparency International Indonesia (TII) mengeluarkan Indeks Persepsi Korupsi (IPK) Indonesia yang menurun empat angka menjadi 34 poin dari skala 0-100 pada 2022. Angka ini menurun 4 poin dari tahun 2021. Ini membuat posisi Indonesia semakin dekat dengan deretan negara-negara terkorup di dunia. Selengkapnya FOMO Sapiens membahasnya bersama Deputi Sekretaris Jenderal TII, Wawan Heru Suyatmiko.

1. Hati-hati di Jalan

Pekan ini warganet diramaikan dengan viral kasus kecelakaan lalu lintas yang menimpa mahasiswa Universitas Suryakencana, Selvi Amalia di Cianjur, Jawa Barat pada Jumat (20/1) pekan lalu. Terbaru, Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) meminta Propam Polda Metro Jaya memeriksa kepemilikan mobil Audi A6 di kasus tabrak lari yang menewaskan Selvi. Komisioner Kompolnas Poengky Indarti menilai langkah itu perlu dilakukan guna menjawab pertanyaan publik lantaran mobil Audi tersebut masuk kategori kendaraan mewah. Warganet pun menyoroti perkara tindakan kepolisian yang dianggap tidak profesional. Seperti apa?

2. IPK Indonesia Anjlok

Indeks Persepsi Korupsi (IPK) diterbitkan tiap tahun oleh Transparency International. Indeks ini menilai negara dari 0 - 100 berdasarkan tingkat persepsi korupsi di sektor publik menurut penilaian ahli dan pelaku bisnis serta jajak pendapat. Angka tersebut menempatkan Indonesia di peringkat 110 dari 180 negara. Indonesia setara dengan Bosnia dan Herzegovina, Gambia, Malawi, Nepal, dan Sierra Leone. Penurunan 4 poin ini disebut menjadi penurunan IPK Indonesia terburuk sejak reformasi.

Baca juga: Respon Jokowi Usai Indeks Persepsi Korupsi 2022 Merosot

Dengarkan bahasan selengkapnya di FOMO Sapiens pekan ini bersama Ian Hugen dan Aika. Akan ada juga obrolan menarik soal waspada penculikan anak.

*Kami ingin mendengar saran dan komentar kamu terkait podcast yang baru saja kamu simak, melalui surel ke [email protected]

  • #podcast
  • #fomosapiens
  • #kecelakaan
  • #lalulintas
  • #polisi
  • #IPK
  • #TII
  • #korupsi
  • #penculikan
  • #anak

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!