NASIONAL

Erick Ketum PSSI, Jokowi Harap Reformasi Total

" Menteri BUMN Erick Thohir terpilih sebagai Ketua Umum PSSI untuk periode 2023-2027. "

Ketua Umum PSSI Erick Thohir
Ketum PSSI terpilih Erick Thohir konpers KLB PSSI 2023 di Jakarta, Kamis (16/02/23). (Antara/Aprillio Akbar)

KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo berharap Ketua PSSI yang baru bisa melakukan reformasi total terhadap PSSI. Kongres Luar Biasa (KLB)  menetapkan Menteri BUMN Erick Thohir sebagai Ketua Umum PSSI untuk periode 2023-2027.    

"Yang kita harapkan terjadi reformasi total. Ini harapan dari kita, ya. Sehingga persepakbolaan kita menjadi hidup dan bisa paling tidak ASEAN bisa step pertama bisa kita pegang, kemudian Asia step yang kedua bisa kita pegang. Harapan dari pemerintah itu saja," kata dia di Jakarta, Kamis (16/02/23).

Jokowi  mengatakan pemerintah tidak ikut campur urusan Kongres Luar Biasa (KLB) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Menurut Presiden, hal tersebut sesuai dengan statuta FIFA yang melarang pemerintah mencampuri kegiatan sepak bola di negaranya.

"Pemerintah tidak ikut-ikutan, sesuai dengan statuta (FIFA)," kata dia.

Baca juga:

Janji Erick

Pengusaha yang juga menjabat Menteri BUMN Erick Thohir terpilih sebagai Ketua Umum PSSI periode 2023-2027 dengan mengalahkan tiga calon lain, termasuk Ketua DPD La Nyala Mattalitti dalam Kongres Luar Biasa PSSI yang digelar Kamis (16/2).  Usai terpilih, Erick Thohir berjanji akan memperbaiki dunia sepakbola Indonesia.

"Ini bukan kemenangan saya. Tapi harus kita buktikan jadi kemenangan bersama. Yaitu membangun sepakbola bersih dan berprestasi. Waktu itu saya bilang, waktunya memperbaiki sepakbola Indonesia. Tidak perlu teori-teori," kata Erick Thohir usai terpilih dalam KLB PSSI di Jakarta, Kamis (16/2/2023)

KLB dengan agenda pemilihan ketua umum PSSI menjadi agenda penting, pascatragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan orang pada 1 Oktober tahun lalu. KLB digelar bulan ini, lebih cepat dari jadwal semula yaitu Maret, setelah PSSI mendapat arahan dari FIFA.

 

Editor: Rony Sitanggang

  • Tragedi Kanjuruhan
  • ketua umum PSSI
  • Menteri BUMN Erick Thohir
  • Presiden Jokowi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!