NASIONAL

Dulu Lawan di Pilpres 2024, PKB Resmi Dukung Pemerintahan Prabowo

PKB secara institusi, secara lembaga sepakati PKB masuk bergabung menjadi bagian dari pemerintahan Pak Prabowo dan Gibran.

AUTHOR / Shafira Aurel

EDITOR / Wahyu Setiawan

Muhaimin Kembali Pimpin PKB, Maruf Amin Dewan Syura
Presiden terpilih Prabowo Subianto merangkul Ketum PKB Muhaimin Iskandar di Kantor DPP PKB, Jakarta, Rabu (24/04/24). (Antara/Aditya Pradana)

KBR, Jakarta - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyatakan dukungan resmi dan bergabung dengan pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Wakil Sekjen PKB Syaiful Huda mengatakan keputusan ini merupakan bagian dari rekomendasi yang dihasilkan dalam Muktamar Ke-6 PKB di Bali.

Meski demikian, ia menyebut PKB tetap menjaga baik hubungan dan komunikasi dengan partai politik lain.

"Secara kelembagaan PKB resmi bergabung dan mendukung pemerintahan Prabowo Subianto dengan Gibran Rakabuming Raka. Jadi kalau selama ini masih bersifat belum kelembagaan politik, pada Muktamar ini kami pertegas sikap politik PKB. PKB secara institusi, secara lembaga sepakati PKB masuk bergabung menjadi bagian dari pemerintahan Pak Prabowo dan Gibran," ujar Syaiful dalam konferensi pers di Bali, Senin (26/8/2024).

Syaiful Huda menambahkan partainya juga bakal membuka ruang untuk anak muda. Ia mengajak semua pihak bersatu menjaga demokrasi dan membantu pemerintahan ke depan.

Sebelumnya, pada Pilpres 2024 PKB berbeda arah politik dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang mendukung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Di Pilpres 2024, PKB bergabung dengan NasDem dan PKS di Koalisi Perubahan yang mengusung Anies Baswedan-Muhaimmin Iskandar.

Baca juga:

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!