RAGAM

Dukung Pertumbuhan UMKM, Bisa Tumbuh Kolaborasi dengan Rumah BUMN

"Berdasarkan data pemerintah Indonesia, ada sekitar 21 juta UMKM atau 32% dari total 64 juta UMKM yang sudah memanfaatkan teknologi digital untuk mengembangkan ekonominya."

Debora Tanya

Dukung Pertumbuhan UMKM, Bisa Tumbuh Kolaborasi dengan Rumah BUMN
Menteri BUMN, Erick Tohir Membuka Rangkaian Kegiatan Bisa Tumbuh yang Berkolaborasi dengan Rumah BUMN di Jakarta kemarin (7/9).

KBR, Jakarta – Bisa Tumbuh, sebagai Brand Aggregator di Indonesia yang berfokus pada pemberdayaan UMKM berkolaborasi dengan Rumah BUMN melalui rangkaian kegiatan bertema “Tumbuh Bersama, Bisa Tumbuh”. Kolaborasi ini sebagai komitmen inovatif Bisa Tumbuh dan Rumah BUMN demi memajukan UMKM Indonesia serta memberikan dorongan nyata bagi pertumbuhan ekonomi bangsa. Beberapa fokus kolaborasi adalah melalui pemanfaatan teknologi untuk menaikan level bisnis UMKM, peningkatan kompetensi, peningkatan akses pemasaran dan kemudahan akses permodalan.

Saat ini, sudah banyak UMKM di Indonesia yang telah memanfaatkan teknologi. Berdasarkan data pemerintah Indonesia, ada sekitar 21 juta UMKM atau 32% dari total 64 juta UMKM yang sudah memanfaatkan teknologi digital untuk mengembangkan ekonominya . Akan tetapi, angka ini masih perlu ditingkatkan agar bisa meraih target 30 juta UMKM go digital pada tahun 2023.

“Sebagai Agent of Development, Kementerian BUMN berkomitmen mendukung pemerintah dan mendorong pemerataan ekonomi Indonesia, serta kesejahteraan masyarakat. Komitmen ini diwujudkan melalui berbagai program dan inisiatif, diantaranya yang fokus pada bidang UMKM. Oleh karena itu, kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk Bisa Tumbuh diharapkan dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap para pelaku UMKM dan masyarakat luas.” Jelas Menteri BUMN, Erick Thohir yang juga membuka kegiatan ini.

Chiko Maradona, CEO Bisa Tumbuh, menyampaikan bahwa sebagai perusahaan startup yang berkomitmen kuat untuk selalu memberikan inovasi yang memberi dampak signifikan dalam mendukung pertumbuhan dan kemajuan UMKM di Indonesia, Bisa Tumbuh selalu menghadirkan solusi yang inovatif, melalui pemanfaatan Machine Learning & Generative AI demi menciptakan solusi yang dipersonalisasi demi memaksimalkan potensi setiap UMKM. Ini merupakan hasil kolaborasi antara Bisa Tumbuh dan Rumah BUMN dan menjadi titik awal pemberdayaan UMKM yang nyata. Selain itu, kolaborasi ini diharapkan juga dapat menginspirasi banyak UMKM untuk memaksimalkan potensi yang mereka miliki secara penuh, dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan

Acara ini terdiri dari rangkaian kegiatan literasi dan edukasi guna membantu meningkatkan kompetensi UMKM. Dengan narasumber inspiratif yang diharapkan dapat memberikan insight bermanfaat bagi para calon maupun pelaku UMKM, mulai dari Arief Muhammad, Najib Wahab, Gilang Widya Pratama dan Aan Story. Arya Sinulingga, Staf Khusus III Menteri BUMN; Sarman Simanjorang, Wakil Ketua Umum KADIN; Winanda Yoga Dinamika, Kelola Mina Laut; Dani Zaelani, Cardig Indonesia; Tarra Budiman, Shining Bright; Leo, Head of MKT Mamee; Donny Saputro, Ketua Bidang Umum UMKM, Koperasi & Kewirausahaan BPD HIPMI Jaya; dan Sony, Gurita.

Kegiatan “Tumbuh Bersama, Bisa Tumbuh” ini menjadi langkah awal kolaborasi Bisa Tumbuh dan Rumah BUMN. Ke depannya, kolaborasi ini akan menghadirkan berbagai program dan inisiatif bersama mitra lainnya, mulai dari rekomendasi branding, pemasaran, penjualan, pengelolaan stok dan lain-lain, yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing UMKM dengan pemanfaatan teknologi terkini seperti machine learning & AI. Bisa Tumbuh juga memberikan kesempatan bagi para UMKM untuk mendapatkan akses permodalan yang mudah untuk mendukung pengembangan bisnis UMKM.

Untuk menyukseskan seluruh rangkaian acara, “Tumbuh Bersama, Bisa Tumbuh” ini juga didukung oleh berbagai mitra seperti; PT Satoria Agro Industri, MS Glow For Men, PT Pertamina, PT Pelabuhan Indonesia, PT Cardig International, PT. Bank Mandiri Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia, PT Telkom Indonesia, Angkasa Pura II, Permodalan Nasional Madani, Dinas Koperasi Tangerang Selatan & Teguk Group.

Baca juga: Upaya Pemerintah Dukung UMKM Tembus Pasar Global - kbr.id

  • advertorial
  • rumah
  • UMKM
  • inovasi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!