NASIONAL

BPS Ingatkan Waspada, Kenaikan Harga Komoditas Ini Sudah Meluas

BPS mencatat kenaikan harga beberapa komoditas sudah meluas di sejumlah daerah.

AUTHOR / Astri Septiani

BPS Ingatkan Waspada, Kenaikan Harga Komoditas Ini Sudah Meluas
Peternak memperlihatkan telur ayam ras di peternakan di Kudus, Jawa Tengah, Selasa (5/3/2024). (Foto: ANTARA/Yusuf Nugroho)

KBR, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat ada sejumlah komoditas yang kenaikan harganya perlu diwaspadai oleh pemerintah.

Plt Kepala BPS, Amalia Adininggar Widyasanti menyatakan komoditas-komoditas tersebut mengalami kenaikan harga yang meluas di sejumlah wilayah.

"Komoditas yang perlu diwaspadai bersama karena memang semakin banyak kabupaten kota yang mengalami kenaikan harga untuk komoditas tersebut.

Yaitu telur ayam ras, daging ayam ras, minyak goreng, bawang putih dan cabai rawit," kata Amalia dalam Rapat Koordinasi Rakor Pengendalian Inflasi Daerah, Senin (18/3/2024).

Baca juga:


Telur ayam ras pada minggu kedua Maret 2024 mengalami kenaikan harga sebesar 6,89 persen dibanding Februari 2024. Kenaikan tersebut terjadi di 79,72 persen wilayah Indonesia.

Amalia juga mendorong pemerintah mencermati komoditas penyumbang inflasi komponen harga bergejolak di bulan Ramadan.

Inflasi ini biasanya didorong oleh daging ayam ras, telur ayam ras, bawang putih, minyak goreng, ikan segar, cabai rawit, beras, daging sapi dan cabai merah.

"Ini komoditas yang biasa memberikan sumbangan inflasi pada momen bulan Ramadan," tambahnya.

Editor: Agus Luqman

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!