NASIONAL

BBM Naik, Pemerintah Bahas Pengendalian Inflasi dengan BI

KBR68H, Jakarta - Pemerintah menemui Bank Indonesia membahas pengendalian inflasi pascapenaikan harga bahan bakar minyak BBM bersubsidi.

AUTHOR / Indra Nasution

BBM Naik, Pemerintah Bahas Pengendalian Inflasi dengan BI
bbm naik, pengendalian inflasi, pemerintah, bank indonesia

KBR68H, Jakarta - Pemerintah menemui Bank Indonesia membahas pengendalian inflasi pascapenaikan harga bahan bakar minyak BBM bersubsidi. Menteri Koordinator dan Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, beberapa hal yang akan dilakukan untuk mengendalikan inflasi seperti memastikan kelancaran suplai dan menjaga daya beli masyarakat.

"Ada 4 hal penting. Yaitu menjaga momentum pertumbuhan, mengendalikan inflasi, dengan tetap menjaga suplai dan menjaga daya beli masyarakat dan penyehatan fiskal. Semua kita bahas dengan baik, semua mengeluarkan kebijakan, dan kami akan mengeluarkan paket kebijakan ekonomi," kata Hatta di Gedung BI

Rencana pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak BBM pada akhir pekan ini memantik pengusaha angkutan darat untuk menaikkan tarif angkutan umum. Organisasi pengusaha angkutan darat Organda berencana menaikkan tarif angkutan di kisaran 30 hingga 40 persen.

Begitu juga harga kebutuhan pokok sudah naik mendahului kenaikan BBM dan tarif angkutan. Kalangan pengusaha memperkirakan harga bahan pokok bisa naik sekitar 15 persen. Kenaikan harga bahan pokok dan tarif angkutan diperkirakan akan menaikkan angka inflasi. Bank Indonesia memperkirakan angka inflasi di akhir tahun ini sebesar 7,7 persen.

Editor: Doddy Rosadi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!