NASIONAL

Baku Tembak Antarpolisi di Tual, Diselesaikan Antarpetinggi

Masing-masing pemimpin personel polisi yang terlibat baku tembak sudah bertemu.

AUTHOR / Naufal Nur Rahman

EDITOR / Sindu

Baku Tembak Antarpolisi di Tual, Diselesaikan Antarpetinggi
Ilustrasi: Baku tembak antarpolisi di Kota Tual, Maluku, Minggu malam, 28 Juli 2024. Foto: Wikihow-Creative Commons

KBR, Jakarta– Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mengeklaim perselisihan berujung baku tembak antarpolisi di Kota Tual, Maluku, telah diselesaikan antarpetinggi instansi.

Anggota Kompolnas, Yusuf Warsyim mengatakan, sudah ada upaya penyelesaian soal baku tembak antara personel polisi lalu lintas Polres Tual dan anggota Brimob di Kota Tual, Minggu malam, 28 Juli 2024.

Kata dia, Kompolnas sudah memantau kasus tersebut, dan diketahui masing-masing pemimpin personel polisi yang terlibat baku tembak.

“Apabila itu memang murni kesalahpahaman tentu prosesnya, ya, antarpimpinan dan sebenarnya di dalam pantauan Kompolnas proses penyelesaian di internal antarpimpinannya itu sudah dilakukan. Yang diduga salah paham personel Polres Tual dengan pasukan Brimob yang ada di sana kan itu bukan di bawah kapolres. Ada pasukan Brimob, ya, itu antara pimpinan kapolres Tual dengan komandan Brimob Danyon atau apa misalnya, ya, itu sebenarnya sudah ada penyelesaian,” ucap Yusuf kepada KBR Media, Rabu, (30/07/2024).

Yusuf juga menyebut sudah ada tindakan pendisiplinan kepada para pelaku yang terlibat perselisihan yang berujung baku tembak.

“Terkait dengan sementara pelanggaran disiplin sudah ada tindakan disiplin yang sudah dilakukan oleh personel yang ada kesalahpahaman,” ujar Yusuf Warsyim.-Nau

Baku Tembak

Sebelumnya, baku tembak antara Brimob dan polantas terjadi di Jalan Gajah Mada, Kota Tual, Maluku, terjadi pada Minggu malam, 28 Juli 2024. Akibatnya, dua anggota luka-luka, dan kantor Polres Tual rusak terkena peluru.

Aksi itu sempat direkam warga dan menyebar di sejumlah grup WhatsApp. Di rekaman video yang beredar, terlihat beberapa aparat polisi memakai seragam lengkap, dan senjata berlari ke suatu lokasi.

Belum diketahui penyebab pasti baku tembak antarpolisi itu. Dugaan kuat lantaran razia lalu lintas melibatkan polantas dan Brimob BKO, sehari sebelumnya.

Mengutip Kantor Berita ANTARA, Kabid Humas Polda Maluku, Aries Aminulllah mengatakan, polisi tengah menyelidiki bentrok tersebut.

"Kami belum berani memastikan antara pihak siapa dengan siapa," kata Aries di Ambon, Senin, 29 Juli 2024.

Kata dia, tim dari Mabes Polri dan Polda Maluku sudah di lokasi untuk menginvestigasi bentrok antarpolisi. Ia mengeklaim, untuk sementara situasi di Tual aman dan terkendali.

Baca juga:

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!