NASIONAL

Asian Games, Dito Yakin Indonesia Capai Target 8 Emas

"Masih berharap bisa mencapai target yg diberikan Pak presiden di 10 besar,"

AUTHOR / Resky Novianto

Asian Games 2023
Pebulu tangkis Gregoria Mariska Tunjung gagal melaju ke semifinal Asian Games 2022 di Hangzhou, Cina, Kamis (05/10/23). (Antara/M Risyal).

KBR, Jakarta-  Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo optimistis Indonesia bakal bisa menambah pundi-pundi medali, khususnya emas di Asian Games 2023.

Dito memohon doa dari seluruh masyarakat Indonesia, agar kontingen Merah Putih bisa mencapai target yang telah dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo di 10 besar.

"Mohon doanya ya. Kita sudah menuju satu medali emas lagi untuk mencapai target yg dihitung tim review kemenpora yakni delapan emas, tapi masih berharap bisa mencapai target yg diberikan Pak presiden di 10 besar," kata Dito lewat pesan singkat kepada KBR, Jumat (6/10/2023).

Saat ini Indonesia masih tertahan di peringkat 13 klasemen sementara perolehan medali Asian Games 2023 di Hangzou, China.

Teranyar, pagi tadi Indonesia berhasil menambah raihan satu medali emas di cabor perahu naga 100 meter putra.

Hasil tersebut membuat Indonesia kini mengumpulkan total 36 medali dengan raihan 7 emas, 11 perak, dan 18 perunggu. Indonesia masih berada di bawah Hong Kong di posisi 12, dan dibayangi oleh Malaysia di peringkat 14.

Kontingen Indonesia yang bertanding di Asian Games ke-19 Hangzhou, Cina, berjumlah 576 orang. Terdiri dari 413 atlet, 132 ofisial, dan 28 tim chef de mission.

Baca juga:

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo berharap Indonesia berada di jajaran 10 besar dalam ajang olahraga Asian Games 2022 Hangzhou, China. Target ini lebih tinggi di atas Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang menargetkan peringkat 12 besar.

“Meskipun tadi Menteri Pemuda dan Olahraga sudah mengkalkulasi kira-kira akan jatuh rankingnya di ranking 12, buat saya kok jauh banget. Jangan 12 lah, saya minta masuk ke 10 besar. Saya tahu menjadi tuan rumah dan tidak menjadi tuan rumah itu beda, saya tahu. Jadi kembali lagi target saya masuk ke 10 besar, biasanya hitungan saya enggak meleset,” ujar Jokowi dalam upacara pelepasan kontingen di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (19/9/2023).

Pada Asian Games 2018 Jakarta dan Palembang, kontingen Indonesia mampu menduduki peringkat ke-4. Jokowi berharap, para atlet yang akan bertanding meraih hasil yang maksimal.


Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!