NASIONAL

Anuptaphobia Bikin Takut Melajang

"Rasa takut menjomblo dibahas asyik di podcast Diskusi Psikologi (Disko)!"

AUTHOR / Tim Disko

Diskusi Psikologi (Disko)
Diskusi Psikologi (Disko)

KBR, Jakarta- Melajang seumur hidup rupanya bisa menjadi ketakutan bagi seseorang. Ketakutan ini bisa membuat seseorang enggan melajang.

Psikolog dan Dosen Psikologi Universitas Pancasila, Aully Grasinta mengatakan, ketakutan melajang bisa jadi Anuptaphobia. Anuptaphobia adalah suatu ketakutan atau kecemasan yang membuat seseorang takut hidup sendiri tanpa pasangan. Bahkan orang itu bisa ketakutan, kalau nantinya dia tidak bisa menikah atau harus menjomlo selamanya.

"Jadi ada ketakutan yang besar atas nantinya akan menjadi jomlo forever gitu. Nah disebut fobia, kalau itu sudah membahas mengenai ketakutan, kecemasan yang kemudian tingkatnya adalah mayor. Bukan saja tadi hanya kepikiran nanti kalau sendirian gimana. Kalau itu dipikiran, itu rasa ketakutan dalam batas yang wajar, sebenarnya itu wajar. Karena salah satu tugas perkembangan manusia, itu adalah berpasangan dan memiliki keturunan begitu. Tetapi ketika ini, kemudian menjadi mayor, kemudian mengganggu pada seluruh segi kehidupan orang yang anuptaphobia, ini menjadi sebuah gangguan psikologis," tutur Aully.

Psikolog dan Dosen Psikologi Universitas Pancasila, Aully Grasinta mengatakan, salah satu faktor bisa menyebabkan anuptaphobia adalah trauma. Tapi nih, Aully menegaskan, penyebab ketakutan melajang tidak bisa diindikasi begitu saja.

"Tidak bisa kita temukan kalau, kita tidak melakukan cara-cara untuk menemukannya apa begitu ya. Jadi banyaklah fobia itu kok jadi takut dengan ruangan kecil, kenapa ya? Kita sendiri juga gak tau kenapa, karena itu ada dialam bawah sadar kita. Itu merupakah akumulasi dari keadaan-keadaan traumatik di masa kecil kita, biasanya di usia yang dini," jelasnya.

Baca juga:

Tantangan Beli Rumah buat Generasi Sekarang

Cek Fakta: Video dan Narasi soal Gibran Terancam Dimiskinkan dan KPK Sita Asetnya?

Bikin Resolusi Real, No 'Halu'

Berikut ciri-ciri kamu mengalami anuptaphobia

1. Dialami oleh orang dewasa muda

Ketika kita memasuki usia 20-40 tahun, kita terdorong untuk menemukan pasangan dan berkeluarga. Ketakutan ini biasanya dialami orang-orang dengan usia dewasa muda.

2. Muncul perilaku kecemasan ekstrem

Ketakutan melajang ini bisa jadi anuptaphobia, kalau kecemasannya sudah menganggu atau bersifat ekstrem. Seperti selalu berpikir dirinya akan selalu sendiri, berpikir apa yang akan terjadi kedepannya kalau terus sendiri.

Kalau kecemasan itu terus terjadi seseorang bisa mengalami gangguan tidur hingga mengganggu aktivitas dan produktivitas seseorang.

3. Lebih memilih toxic relationship ketimbang menjomlo

Ketakutan menjomlo membuat seseorang memilih bertahan di hubungan yang tidak sehat atau tidak bahagia. Padahal orang itu tau kalau hubungan sudah ada ditahap tidak sehat lagi.

Mau tau lebih banyak soal anuptaphobia atau ketakutan akan melajang? Yuk dengarkan podcast Diskusi Psikologi (Disko) di link berikut ini:

  • takut melajang
  • Pacara terus
  • Anuptaphobia

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!