NASIONAL

Cek Fakta: Video dan Narasi soal Gibran Terancam Dimiskinkan dan KPK Sita Asetnya?

"Top three hoax of the week yang beredar dari 30 Desember 2022 sampai 5 Januari 2023, hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi pada akun Instagram @turnbackhoaxid."

AUTHOR / Tim Cek Fakta

Cek Fakta
Cek Fakta

Sebuah akun YouTube mengunggah video dengan narasi yang menyatakan bahwa Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka sudah kelewat batas dan tim KPK menemukan ratusan triliun di kediaman Gibran. Tak habis di situ, thumbnail video tersebut juga menampilkan gambar tampak seperti Gibran di sebuah ruangan dan tampak beberapa orang yang menggunakan rompi KPK beserta sejumlah polisi. Ini menjadi salah satu konten tiga teratas cek fakta yang mendapatkan sorotan dari netizen +62. Apa saja lainnya?

Inilah Top Three Hoax of The Week yang beredar dari 30 Desember 2022 sampai 5 Januari 2023, hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi pada akun Instagram @turnbackhoaxid:

Video dan Narasi soal Uji Coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung Keluar dari Rel dan Memakan Korban.

Sebuah akun twitter mengunggah video yang menampilkan kecelakaan kereta dengan narasi yang mengklaim bahwa uji coba kereta cepat Jakarta-Bandung keluar dari rel, sehingga memakan korban pekerja terluka. Video yang dimaksud dapat ditengok di akun Instagram @TURNBACKHOAXID.

Baca juga:

Agar Resolusi Nggak Sekedar Lewat di Tahun Baru

Seluk Beluk Restorative Justice Kasus KDRT

Cek Fakta: Narasi yang Mengklaim Gencarnya Kristenisasi Kampung Palalangon Cianjur?

Video dan Narasi yang Menyebut Gibran Terancam Dimiskinkan dan KPK Sita Seluruh Aset Hasil Korupsi

Sebuah akun YouTube mengunggah video dengan narasi yang menyatakan bahwa Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka sudah kelewat batas dan tim KPK menemukan ratusan triliun di kediaman Gibran. Tak habis di situ, thumbnail video tersebut juga menampilkan gambar Gibran di sebuah ruangan dan tampak beberapa orang yang menggunakan rompi KPK beserta sejumlah polisi.

Video Wapres Ma'ruf Amin Ucapkan Selamat Natal Mengenakan Kostum Sinterklas

Sebuah akun Twitter mengunggah video yang menampilkan Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma'ruf Amin menggunakan kostum sinterklas seraya mengucapkan selamat natal dan tahun baru.

Mau tau hasil penelusurannya? Yuk dengarkan podcast Cek Fakta di link berikut ini:

  • Cek fakta
  • Gibran
  • Kereta cepat
  • Ma'ruf Amin
  • haoks
  • medsos
  • KPK

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!