NASIONAL

Anggaran HUT RI di IKN Tembus Rp87 Miliar, Ekonom: untuk Selamatkan Muka Jokowi

Urgensinya apa melaksanakan di dua tempat itu, selain tidak ingin citra Jokowi itu buruk.

AUTHOR / Ardhi Ridwansyah

EDITOR / Wahyu Setiawan

Anggaran HUT RI di IKN Tembus Rp87 Miliar, Ekonom: untuk Selamatkan Muka Jokowi
Presiden Jokowi (kanan) menjawab pertanyaan watawan saat perdana berkantor di IKN, Senin (29/7/2024). ANTARA FOTO/Mentari Dwi Gayati

KBR, Jakarta - Ekonomi dari Center of Economic and Law Studies (Celios) Nailul Huda mempertanyakan besarnya anggaran perayaan HUT ke-79 Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN). Biaya untuk perayaan kemerdekaan di IKN menembus Rp87 miliar.

Huda menduga, upacara di IKN dipaksakan hanya untuk menjaga citra Presiden Jokowi di mata publik.

"Urgensinya apa melaksanakan di dua tempat itu, selain tidak ingin citra Jokowi itu buruk, ya cuma itu aja urgensinya. Tidak ada mereka urgensinya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kaltim tidak ada, itu urgensinya hanya untuk menyelamatkan mukanya Jokowi doang," tuturnya kepada KBR, Selasa (13/8/2024).

Menurut Huda, anggaran sebesar itu bisa digunakan untuk keperluan lain yang lebih mendesak.

"Maka kami pertanyakan urgensi Rp80 lebih miliar itu digunakan untuk perayaan HUT di IKN, sedangkan dengan anggaran sebesar itu mungkin ada berapa ribu untuk guru SD honorer bisa diberikan upah yang layak per bulannya," ucapnya.

"Bisa juga buat beasiswa untuk berapa puluh mahasiswa itu kan untuk dia kuliah S1. Sektor kesehatan pun bisa, sektor UMKM apalagi, jadi ini yang sebenarnya mesti dijawab oleh pemerintah, uang sebesar itu sebenarnya bisa digunakan untuk hal lain yang lebih produktif," pungkasnya.

Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan Isa Rachmatarwata mengatakan biaya perayaan HUT RI tahun ini melonjak dibanding tahun sebelumnya.

"Ini mengenai anggaran HUT RI di IKN. Jadi tahun ini kami menyiapkan anggaran Rp87 miliar untuk kegiatan perayaan 17-an di IKN. Kalau dibanding tahun lalu di Jakarta itu Rp53 miliar. Kenaikannya memang terutama karena pengadaan alat-alat upacara yang baru di sana. Terutama rincian biaya yang besar itu alat-alat upacara, penyiapan sarana fisiknya, jamuan juga cukup besar," kata Isa saat konferensi pers, Selasa (13/8/2024).

Sebelumnya, Presiden Jokowi menilai wajar anggaran perayaan HUT ke-79 Indonesia tahun ini membengkak. Sebab, perayaan dilakukan di dua tempat yakni Jakarta dan IKN.

Baca juga:

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!