INDONESIA

Desa Ular

Desa Zisiqiao merupakan rumah bagi ribuan spesies ular.

AUTHOR / Aika Augustine

Desa Ular
Desa, Zisiqiao, Ular, Cina, Aika Augustine

Desa Zisiqiao merupakan rumah bagi ribuan spesies ular. Maka tak heran jika desa yang terletak di Provinsi Zhejiang, Cina ini dijuluki dengan sebutan Desa Ular.

Dalam pengobatan tradisional Cina, ular merupakan salah satu unsur terpenting karena dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh manusia. Selain itu ular juga kerap digunakan untuk membuat sup dan juga minuman anggur.

Ada sekitar 160 keluarga peternak ular yang membudidayakan reptil melata tersebut. Banyak juga yah… Tapi empat puluh tahun lalu, hampir semua penduduk bekerja sebagai petani. Bisnis peternakan ular ini bermula saat seorang petani bernama Yang Hongchang menderita sakit pinggang. Karena rasa nyeri yang luar biasa, ia pun pergi menemui dokter. Dokter kemudian memeriksa dan menemukan Yang Hongchang menderita Spondilitis atau peradangan kronis dari tulang belakang. Dokter lantas menyarankan Yang untuk mengkonsumsi ramuan obat yang terbuat dari darah ular. Namun karena Yang seorang petani miskin dan harga ramuan obat itu sangat mahal, maka Yang memutuskan untuk membuat obat sendiri. Yang pun pergi ke pegunungan untuk menangkap ular. Dan benar saja, tak lama setelah Yang rajin mengkonsumsi ramuan obat darah ular tersebut, sakit pinggangnya hilang.

Pada tahun 1985, Yang memutuskan untuk meminjam modal dan mulai untuk membudidayakan ular di halaman belakang rumahnya. Karena permintaan akan ular terus meningkat, usahanya pun kian berkembang. Bahkan pada tahun 1987, ia berhasil membudidayakan sekitar 30.000 telur ular dan menjual setiap ekor bayi ular dengan harga 124 juta rupiah. Kesuksesannya menyebar ke seluruh desa, Yang pun dijuluki sebagai Raja Ular dan membuat penduduk setempat beralih profesi dari petani menjadi peternak ular.

Setiap tahunnya desa ini mampu menjual hingga 3 juta ekor ular! jumlah yang tidak sedikit. Para peternak ular dapat meraup untung hingga ratusan juta rupiah tapi bisnis ini tak gampang lho. Sebagian besar peternak mengaku pernah digigit oleh ular bahkan ada korban meninggal karena digigit ular mematikan. (odditycentral.com, scmp.com)

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!