Article Image

NASIONAL

Seni Ngobrolin Uang dengan Pasangan

"Ngobrolin uang bareng pasangan itu gampang-gampang susah. Perlu strategi komunikasi yang tepat supaya bahasan sensitif ini nggak memicu konflik"

KBR, Jakarta - Bagi sebagian pasangan, topik keuangan sensitif untuk dibahas. Nggak sedikit yang lebih memilih diam dan menghindar. Padahal ngobrolin uang bareng pasangan ini krusial, karena banyak tujuan keuangan yang mesti dicapai.

Supaya lancar, psikolog klinis Rena Latifa, menyebut perlu dicari waktu yang tepat untuk mengobrol. Sebab keadaan psikologis masing-masing akan memengaruhi cara berbicara.

"Situasinya harus sama-sama lagi tenang, jangan pas baru pulang kantor langsung bahas keuangan. Perlu juga menggunakan nada positif, tone negatif akan menggiring ke kalimat-kalimat yang menuduh atau menghakimi," jelas Dosen di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini.

Jika sudah sama-sama nyaman untuk ngobrolin uang, pasangan bisa saling terbuka dan jujur. Pembahasan bisa dimulai dari menceritakan aset dan utang yang mereka miliki.

"Itu penting, supaya tidak timbul kecurigaan atau yang sifatnya bisa memicu konflik, atau akhirnya jadi trust issue antarpasangan, nah itu yang bahaya," ujarnya.

Baca juga: Rencanakan Waris, Janganlah Ditunda-tunda!

Rena Latifa, psikolog klinis, menyebut pasangan harus saling menghormati nilai-nilai keuangan yang dipegang masing-masing pihak. Ini jadi landasan supaya komunikasi bisa terbuka dan seimbang. (Foto: dok pribadi)

Pasangan juga perlu tahu gaya mengatur keuangan masing-masing. Ini bakal memudahkan keduanya menyusun tujuan keuangan.

"Jadi identitasnya bukan aku dan kamu, tapi kita. Jadi visi tentang keuangan bersamanya tuh apa? Itu harus disiapkan. Sehingga nanti hal-hal yang mengarah pada konflik bisa lebih dicegah," jelas Rena.

Saat ngobrolin soal duit, penting juga disinggung soal pembagian peran. Buatlah kesepakatan siapa yang akan membayar kebutuhan rumah tangga sampai urusan membayar keperluan sekolah anak. 

"Nggak melulu semuanya harus laki-laki atau perempuan, itu bisa sharing untuk pengelolaan, semuanya bisa disepakati, dikompromi," tuturnya.

Dengarkan Uang Bicara episode Seni Ngobrolin Uang dengan Pasangan bersama psikolog klinis yang juga dosen Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta di KBR Prime, Spotify, Apple Podcast, dan platform mendengarkan podcast lainnya.