hoaks

ARTIKEL PODCAST

Cek Fakta: Lingkaran Merah Tabung Gas Elpiji Berubah Hitam Saat Akan Meledak

"Top 3 Hoax of the Week"

Ilustrasi Top 3 Hoax of the Week. (FOTO: KBR X Mafindo)

KBR, Jakarta- Inilah top three hoax of the week pilihan yang beredar dari 12 hingga 18 Juli 2024. Berikut hasil periksa fakta pada akun Twitter/X @TurnBackHoax bersama Co-Founder dan Fact-Check Specialist Masyarakat Antifitnah Indonesia (Mafindo) Aribowo Sasmito.

hoaks

Beredar video di media sosial yang mengklaim menyikat gigi dengan campuran bubuk kopi, kemiri, dan pasta gigi dapat memutihkan gigi. Unggahan itu menampilkan gambar seorang perempuan sedang menyikat gigi yang disebar dalam video reels pada Minggu, 9 Juli. 

Konten itu disebar dengan narasi “Sering dihina gara-gara gigi kuning? Haluskan kemiri lalu campurkan kopi tuangkan odol secukupnya setelah itu masukan ke dalam wadah. Gosokkan ke gigimu dua kali sehari. Lakukan selama tujuh hari. Gigi sekuning apapun putih seperti mutiara”. Apa kabar ini benar?

hoaks

Sebuah postingan di Facebook memperlihatkan foto obrolan di suatu media sosial yang membicarakan tentang akan adanya tsunami. Dalam tangkapan layar alias screen shot-an obrolan itu disebutkan kalau terdengar sirine yang berbunyi sebagai tanda akan tsunami dan air di Jembatan Talumolo, Gorontalo sudah naik.

Bagaimana periksa faktanya?

Baca juga:

hoaks

Beredar foto di media sosial Facebook yang mengeklaim lingkaran berwarna merah pada tabung gas elpiji 3 kg berubah menjadi warna hitam merupakan tanda kondisi bahaya. Unggahan foto tersebut memperlihatkan sebuah tabung gas elpiji berukuran 3 kilogram yang dilengkapi dengan tanda panah yang mengarah ke lingkaran berwarna merah.

Cek konten-nya di turnbackhoax.id ya!

Bagaimana pembahasan Top Three Hoax of The Week? Yuk simak podcast Cek Fakta selengkapnya di link berikut ini: