covid-19

Hadi Tjahjanto Segera Pensiun, DPR Tunggu Surpres Penggantian Panglima TNI

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menyebutkan, masih ada cukup waktu untuk menggelar serangkaian proses pergantian pimpinan TNI.

BERITA | NASIONAL

Senin, 06 Sep 2021 19:58 WIB

Author

Heru Haetami

Hadi Tjahjanto Segera Pensiun, DPR Tunggu Surpres Penggantian Panglima TNI

Panglima TNI Hadi Tjahjanto. (Foto: ANTARA)

KBR, Jakarta - Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengklaim belum menerima Surat Presiden (Surpres) terkait pergantian Panglima TNI. Diketahui, Panglima TNI Hadi Tjahjanto akan memasuki masa pensiun pada November nanti.

Dasco menyebutkan, masih ada cukup waktu untuk menggelar serangkaian proses pergantian pimpinan TNI.

"Sampai dengan hari Jumat ya belum sampai ke DPR. Ya kan kalau Menurut kami kami itu tergantung kepada Presiden melihat urgensinya. Ya kalau presiden memandang perlu cepat ya kan pasti akan segera dikirim di DPR kan enggak lama itu," kata Dasco saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senin (6/9/2021).

Dasco mengingatkan, nantinya sesudah Surat Presiden diterima DPR, serangkaian proses pergantian Panglima TNI akan dilalui. Misalnya, pembahasan di tingkat Badan Musyawarah DPR.

Baca juga: DPR Papua: Kekerasan Aparat di Merauke, Mirip Insiden George Floyd di Amerika

Baca juga: Komisi I DPR Desak TNI AU Pecat Anggota yang Aniaya Warga Papua

Rapat Bamus dilakukan sebelum Surat Presiden dibawa ke Rapat Paripurna DPR untuk menugaskan Komisi terkait menggelar uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI.

Pada 8 November nanti, Hadi Tjahjanto akan merayakan ulang tahunnya yang ke-58 tahun. Pada November itu pula, tugas-tugasnya sebagai Panglima TNI akan berakhir.

Sejumlah nama petinggi TNI yang dikabarkan akan menggantikan posisinya antara lain, Kepala Staf Angkatan Darat Andika Perkasa, Kepala Staf Angkatan Laut Yudo Margono, dan Kepala Staf Umum TNI Eko Margiyono.

Editor: Fadli Gaper

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Semai Toleransi ala Anak Muda Bandung