NASIONAL

Menko Polhukam: Situasi Kondusif dan Terkendali Usai Pemilu

""Permasalahan-permasalahan yang dikatakan tadi mungkin unjuk rasa, itu memang ada. Tapi saya sampaikan skalanya masih kecil dan memang kecil menuju sedang.""

Hoirunnisa

Menko Polhukam: Situasi Kondusif dan Terkendali Usai Pemilu
Menko Polhukam Hadi Tjahjanto (tengah) memimpin rapat koordinasi pemantauan usai Pemilu 2024, Jumat (15/3/2024). ANTARA FOTO/Bayu Pratama

KBR, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto mengeklaim situasi nasional aman usai pemungutan suara Pemilu 2024. Pernyataan itu disampaikan Hadi usai Rapat Koordinasi Pemantauan Perkembangan Situasi Pasca Pemungutan Suara, di kantornya, hari ini.

"Secara umum situasi dan kondisi nasional masih relatif kondusif dan aman terkendali. Saat ini tahapan Pemilu 2024 masih berjalan dan kita terus memantau tahapan pemilu yakni rekapitulasi penghitungan suara dan penetapan hasil perhitungan suara pemilu oleh KPU," ujar Hadi, Jumat (15/3/2024).

Hadi mengatakan pemerintah berkomitmen memantau tahapan pemilu hingga penetapan hasil perhitungan suara dan sengketa di Mahkamah Konstitusi MK. Pemantauan dilakukan guna keberhasilan penyelenggaraan pemilu.

Kata dia, keberhasilan pemilu merupakan harga diri bangsa Indonesia.

Hadi menambahkan, pemerintah juga mengendus bakal ada gelombang demo menolak hasil pemilu.

"Permasalahan-permasalahan yang dikatakan tadi mungkin unjuk rasa, itu memang ada. Tapi saya sampaikan skalanya masih kecil dan memang kecil menuju sedang. Dan kami juga terus mengantisipasi dengan kepolisian, TNI, untuk bisa mencegah, mengamankan supaya tidak terjadi eskalasi yang lebih besar. Dan intelijen baik dari kabid maupun Bais terus memantau perkembangan tersebut untuk tetap menjaga situasi," kata Hadi.

Baca juga:

Rapat koordinasi tersebut dihadiri Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Kepala KSP Moeldoko, Kepala BIN Budi Gunawan, Jaksa Agung ST Burhanuddin, Panglima TNI Agus Subiyanto, dan Kapolri Listyo Sigit Prabowo.

Editor: Wahyu S.

  • #kabar pemilu KBR
  • #pemilu2024
  • rekapitulasi hasil pemilu
  • Pemilu 2024
  • #PemiluDamaiTanpaHoaks
  • Menko Polhukam

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!