NASIONAL

KPU Targetkan Rekapitulasi Nasional Selesai 18 Maret 2024

"Saat ini rekapitulasi di tingkat provinsi sudah hampir rampung, sehingga bisa langsung melanjutkan rekapitulasi di tingkat nasional."

Astri Yuanasari

Rekapitulasi nasional
KPU menggelar rapat pleno A rekapitulasi penghitungan suara Provinsi Kalimantan Selatan di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/3/2024). ANTARA FOTO/Galih Pradipta

KBR, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menargetkan rekapitulasi penghitungan suara tingkat nasional Pemilu 2024 rampung 18 Maret 2024, alias dua hari sebelum batas akhir 20 Maret 2024.

Komisioner KPU RI August Mellaz mengatakan saat ini rekapitulasi di tingkat provinsi sudah hampir rampung, sehingga bisa langsung melanjutkan rekapitulasi di tingkat nasional.

"Kalau target kami malah sebelumnya. Misalnya apakah mungkin nanti tanggal 18 (Maret), karena kan kita juga pantau perkembangan yang di bawah ya, di tingkat provinsi, yang sedang berlangsung, tapi relatif sekarang sudah selesai bagian-bagian akhir," kata August kepada wartawan di Kantor KPU RI, Rabu (13/3/2024).

August yakin, rekapitulasi di tingkat nasional bisa berjalan cepat. Meskipun saat ini masih ada beberapa KPU provinsi yang belum merampungkan rekapitulasi, yang seharusnya sudah selesai pada 10 Maret lalu.

"Jadi sekarang tinggal nanti biasanya kalau mereka selesai, kemudian kita kasih jeda waktu 1-2 hari untuk rehat atau menyiapkan beberapa hal. Tapi mungkin kalau misalnya untuk ke depannya mungkin sehari cukup. Seperti DKI, begitu selesai langsung mereka geser ke sini, ataupun misalnya Jawa Timur dan beberapa provinsi juga begitu," imbuhnya.

Baca juga:

Mulai hari ini, KPU melakukan rekapitulasi penghitungan suara menggunakan dua panel. Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengatakan pembagian dua panel dilakukan untuk mempersingkat waktu rekapitulasi suara tingkat nasional.

Dikutip dari ANTARA, KPU telah mengesahkan perolehan suara pilpres tingkat nasional di 18 provinsi hingga Rabu (13/3/2024).

Editor: Wahyu S.

  • KPU
  • rekapitulasi hasil pemilu
  • rekapitulasi dua panel
  • rekapitulasi nasional
  • rekapitulasi diperpanjang
  • #kabar pemilu KBR

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!