NASIONAL

Pemerintah Perpanjang Izin Ekspor Konsentrat Tembaga PT Freeport Indonesia

"Pembangunan smelter dari Freeport maupun Amman Mineral menunjukkan keinginan kuat untuk melakukan hilirisasi."

Astri Yuanasari

Smelter
ilustrasi foto udara smelter nikel milik PT Vale Indonesia Tbk di Sulsesl, Jumat (28/7/2023) (FOTO: Antara/Jojon)

KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan izin ekspor konsentrat tembaga PT Freeport Indonesia (PTFI), yang berakhir Mei 2024 akan diperpanjang. Namun kata dia, pemerintah masih berhitung mengenai harga patokan ekspor. Hal ini disampaikan Jokowi dalam kunjungan kerjanya ke Karawang, Jawa Barat, Rabu (8/5).

"Ya terus dong tetap diperpanjang, hanya kita ini masih berhitung mengenai dikenakan berapa. Tapi yang patut juga kita hargai Freeport maupun Amman itu telah membangun smelter dan sudah selesai hampir 100%. Kita ikuti kok, mingguannya kita ikuti, pembangunan sampai berapa persen, berapa persen," kata Jokowi dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (8/5/2024).

Baca juga:

Jokowi menambahkan, pembangunan smelter dari Freeport maupun Amman Mineral, menunjukkan keinginan kuat dua perusahaan tambang itu untuk melakukan hilirisasi.

Saat ini pemerintah tengah mengkaji Harga Patokan Ekspor (HPE) sejumlah komoditas tambang. Mengingat dari sejumlah komoditas tambang mengalami kenaikan pada periode April 2024.

"Ya nanti urusannya pak menteri perdagangan. Tapi saya kira dengan selesainya smelter itu menunjukkan keinginan kuat mereka untuk hilirisasi untuk downstreaming di dalam negeri, saya kira itu bagus sekali dan itu harus dihargai loh ya," imbuhnya.

Editor: Muthia Kusuma

  • ekspor konsentrat tembaga
  • Presiden Jokowi
  • PT Freeport Indonesia
  • Amman Mineral

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!