covid-19
ADVERTORIAL

Indonesia Housing Forum 2021 Fokus Bahas Hunian Inklusif Berkelanjutan

Indonesia Housing Forum merupakan bagian dari Housing Forum Asia Fasifik yang pertama diadakan tahun 2007. Di Indonesia sudah tiga kali pelaksanaan, sejak 2017, 2019 dan 2021 ini.

RAGAM

Selasa, 12 Okt 2021 08:30 WIB

Indonesia Housing Forum 2021 Fokus Bahas Hunian Inklusif Berkelanjutan

Tangkapan layar konferensi pers Indonesia Housing Forum 2021: “Membangun Hunian yang Inklusif untuk Masa Depan yang Lebih Baik”.

KBR, Jakarta - Indonesia Housing Forum 2021 mengambil tema “Membangun Hunian yang Inklusif untuk Masa Depan yang Lebih Baik”. Acara yang merupakan kerjasama Habitat for Humanity Indonesia dengan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia dan Universitas Trisakti ini akan digelar secara daring pada 14 Oktober 2021, mempromosikan inovasi dan kolaborasi untuk kebijakan peningkatan akses ke perumahan yang aman, layak dan terjangkau.

Menurut Budiarsa Sastrawinata, Kepala Badan Pengembangan Kawasan Properti Terpadu Kadin, hunian atau rumah merupakan bagian dari industri besar properti sehingga permasalahan yang dihadapi menjadi kompleks. Budiarsa berharap tercipta kolaborasi untuk meningkatkan kapasitas industri properti, khususnya sektor hunian yang terjangkau di kawasan Asia Pasifik. Perlu ada formula khusus untuk memeriksa instrumen pembiayaan untuk mendanai perumahan yang terjangkau.

Susanto, Direktur Nasional Habitat for Humanity Indonesia menyampaikan, Indonesia Housing Forum merupakan sebuah forum yang diadakan setiap 2 tahun sekali yang mempertemukan para pemangku kepentingan dari berbagai sektor yang bertujuan untuk mencari solusi terkait masalah perumahan di Indonesia yang nantinya sekaligus mempromosikan perumahan terjangkau yang dapat mendorong kinerja sektor properti nasional yang berdampak positif untuk pertumbuhan ekonomi.

Indonesia Housing Forum merupakan bagian dari Housing Forum Asia Fasifik yang pertama diadakan tahun 2007. Di Indonesia sudah tiga kali pelaksanaan, sejak 2017, 2019 dan 2021 ini. Housing Forum Asia Pasifik yang dihadiri lebih dari 9.200 peserta telah menjadi ruang bagi setiap pemangku kepentingan berbagi kesamaan dan diskusi dengan wawasan yang menarik terkait dengan rumah.

Kadin sebagai induk dunia usaha di Indonesia dapat berperan dalam memberikan panduan pelaksanaan pengembangan sektor perumahan yang beriaktan dengan aspek prasarana infrastruktur, fiskal, perpajakan, transportasi, hingga sumber daya manusia. Akademisi juga berperan penting dalam memberikan kajian yang mendalam untuk pengembangan perumaha inklusif.

Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Trisakti, DR.Ir. A. Hadi Prabowo, M.T yang juga merupakan Ketua Ikatan Ahli Rancang Kota Indonesia (IARKI) yang diwakili oleh Dr. Lisa Nelfia (Wakil Dekan 4 FTSP Usakti) & Dr. Etty R K (Ketua Jurusan Arsitektur FTSP Usakti) menyambut baik hal ini. Peran Trisakti nantinya tidak sebatas pengajaran dan penelitian, melainkan berperan aktif memberikan kontribusi kepada masyarakat. Berpraktik menghasilkan karya dengan membangun hunian layak yang tepat guna dan inovatif untuk mendukung perekomian masyarakat.

Habitat mengajak semua masyarakat bergabung dalam webinar Housing Forum Indonesia Kamis, 14 Oktober 2021 dengan mendaftarkan diri melalui: http://habitatindonesia.org/housingforum.

Baca juga: Rayakan Ulang Tahun ke-70, Lautan Luas Adopsi Kampung di Mauk, Tangerang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - RAGAM

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Semai Toleransi ala Anak Muda Bandung