BERITA

Presiden Lantik 12 Dubes Baru

""Terlebih dahulu saya akan bertanya kepada saudara-saudara, bersediakah saudara-saudara untuk diambil sumpah janji menurut agama masing-masing?""

Resky Novianto

Presiden Lantik 12 Dubes Baru
Tangkapan layar siaran langsung pelantikan 12 Dubes di Istana Negara, Senin (26/10). (Setpres)

KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo melantik 12 duta besar luar biasa dan berkuasa penuh (Dubes LBBP) RI hari ini di Istana Negara, Jakarta. Pelantikan berlangsung khidmat dan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan seperti pengenaan masker, pelindung wajah, serta jaga penerapan jarak antar.

Pelantikan itu disiarkan langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden RI, Senin (26/10/2020).

"Berkenaan dengan pengangkatan saudara-saudara, sebagai duta besar luar biasa dan berkuasa penuh Republik Indonesia, untuk negara-negara sahabat. Terlebih dahulu saya akan bertanya kepada saudara-saudara, bersediakah saudara-saudara untuk diambil sumpah janji menurut agama masing-masing? Apabila demikian harap mengikuti dan mengulangi kata-kata saya," ujar Jokowi saat Melantik 12 Dubes di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (26/10/2020).

Dalam pelantikan, Jokowi membacakan Keputusan Presiden (Keppres) dan memandu pengucapan sumpah janji jabatan yang kemudian diikuti para dubes. Pelaksanaan sumpah jabatan didampingi rohaniwan masing-masing sesuai dengan agamanya.

Keduabelas Dubes LBBP RI yang akan ditempatkan di pelbagai negara ini, sebelumnya sudah mengikuti fit and proper test di gedung DPR.

Mereka yang dilantik pagi ini adalah;

1. Dindin Wahyudin, Dubes LBBP RI untuk Republik Senegal merangkap Republik Mali, Republik Gambia, Republik Guinea Bissau, Republik Sierra Leone, dan Republik Pantai Gading, berkedudukan di Dakar.

2. Roem Kono, Dubes LBBP RI untuk Bosnia dan Herzegovina, berkedudukan di Sarajevo.

3. Dewi Savitri Wahab, Dubes LBBP RI untuk Kerajaan Denmark merangkap Republik Lithuania, berkedudukan di Kopenhagen.

4. Nana Yuliana, Dubes LBBP RI untuk Republik Kuba merangkap Persemakmuran Bahama, Jamaika, Republik Dominika dan Haiti berkedudukan di Havana.

5. Heri Akhmadi, Dubes LBBP RI untuk Jepang merangkap Federasi Micronesia, berkedudukan di Tokyo.

6. Elmar Iwan Lubis, Dubes LBBP RI untuk Republik Irak, berkedudukan di Baghdad.

7. Iwan Bogananta, Dubes LBBP RI untuk Republik Bulgaria merangkap Republik Albania dan Republik Mekedonia Utara, berkedudukan di Sofia.

8. Jose Antonio Morato Tavares, Dubes LBBP RI untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus, berkedudukan di Moskow.

9. Desra Percaya, Dubes LBBP RI untuk Perserikatan Kerajaan Britania Raya dan Irlandia Utara merangkap Irlandia dan International Maritime Organization (IMO), berkedudukan di London.

10. Chalief Akbar Tjandraningrat, Dubes LBBP RI untuk Republik Rakyat Aljazair, berkedudukan di Alger.

11. Lutfi Rauf, Dubes LBBP RI untuk Republik Arab Mesir, berkedudukan di Kairo.

12. Rachmat Budiman, Dubes LBBP RI untuk Kerajaan Thailand merangkap UNESCAP berkedudukan di Bangkok.

Editor: Rony Sitanggang

  • presiden jokowi
  • Virus Corona
  • pelantikan dubes

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!